Baptisan

Baptisan Roh Kudus

Oleh: Pdt. Samuel T. Gunawan, M.Th (1)

Pentakosta menandai dimulainya gereja sebagai suatu tubuh yang berfungsi melalui pencurahan Roh Kudus.(2) Sebelum naik ke surga, Kristus berjanji tidak lama lagi murid-muridNya akan dibaptis dengan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1:5).(3) Peristiwa “pencurahan Roh Kudus” pada hari Pentakosta tersebut indentik dengan “baptisan Roh Kudus” yang dijanjikan oleh Kristus kepada murid-muridNya. Petrus menyebutnya sebagai penggenapan nubuat Nabi Yoel (Kisah Para Rasul 2:16). Peristiwa pentakosta ini menandai ditempatkannya orang percaya di dalam Tubuh Kristus (1 Korintus 12:13; Efesus 1:22,23).

ARTI BAPTISAN ROH KUDUS Baca selengkapnya ... about Baptisan Roh Kudus

Analisis Teologis Terhadap Ajaran Baptisan Roh Kudus Sebagai Pengalaman yang Berbeda dari Pertobatan 1

Pdt. Samuel T. Gunawan, M.Th

Berikut ini adalah bagian atau ayat-ayat Alkitab yang dijadikan dasar pengajaran Pentakostlisme bahwa baptisan Roh Kudus sebagai pengalaman tersendiri sesudah kelahiran baru dan bahasa roh sebagai bukti fisik dari baptisan Roh Kudus.

Pertama: Analasis teologis terhadap ajaran Baptisan Roh Kudus sebagai pengalaman yang berbeda dari perteobatan.

Ayat-ayat yang dijakan dasar ajaran Pentakostalisme bahwa baptisan Roh Kudus sebagai pengalaman yang berbeda dari pertobatan adalah sebagai berikut: Kisah Para Rasul 2:1-4, 38; 8:4-25; 9:1-19; 10:44-47; 19:1-7; Markus 1:9-11. Berikut ini ringkasan ajaran dan penjelasan ayat-ayat tersebut dari pandangan Pentakostalisme disertai dengan  analisis teologis terhadap ajaran dan pandangan tersebut. Baca selengkapnya ... about Analisis Teologis Terhadap Ajaran Baptisan Roh Kudus Sebagai Pengalaman yang Berbeda dari Pertobatan 1

Analisis Teologis Terhadap Ajaran Bahasa Lidah Sebagai Bukti Fisik Baptisan Roh Kudus

Oleh: Pdt. Samuel T. Gunawan, M.Th

Berikut ini adalah bagian atau ayat-ayat Alkitab yang dijadikan dasar pengajaran Pentakostlisme bahwa bahasa roh sebagai bukti fisik dari baptisan Roh Kudus.

Ayat-ayat yang dijadikan dasar ajaran Pentakostalisme bahwa bahasa roh sebagai tanda atau bukti fisik dari baptisan Roh Kudus dapat dikelompokkan ke dalam tiga bagian: yaitu: (1) Berdasarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di empat tempat (Yerusalem, Samaria, Kaisarea, dan Efesus. Ini dapat disebut dengan “parhamisme” atau teori Parham, berasal dari nama Charles Fox Parham; (2) Berdasarkan pengalaman Rasul Paulus dalam Kisah Para Rasul 9:17 yang dihubungkan dengan pernyataannya dalam 1 Korintus 14:18; (3) Berdasarkan perkataan Tuhan Yesus dalam Markus 16:17. Baca selengkapnya ... about Analisis Teologis Terhadap Ajaran Bahasa Lidah Sebagai Bukti Fisik Baptisan Roh Kudus

Trinitas

Oleh: Walsinur Silalahi

Saksi Jehova tdk mengakui doktrin Trinitas ,Pengikutnya mengartikan bahwa Allah Bapa dan Putera Allah(Yesus Kristus) adalah dua pribadi berbeda dan terpisah satu sama lain.Mereka mengatakan bahwa Allah Bapa lebih tinggi dari sang Putera .Yesus Kristus adalah saksi dan pelayan utama dari Jehova. Setiap warga/jemaat saksi jehova adalah pelayan yang mengikuti teladan Kristus.Roh Kudus bukanlah pribadi ke-Allah-an yang tersendiri,melainkan kuasa,daya atau pengaruh dari Allah Bapa. Baca selengkapnya ... about Trinitas

Baptisan Anak

Penulis : John Calvin

Ada sejumlah orang yang menimbulkan kehebohan di dalam gereja berkenaan dengan baptisan anak-anak. Dengan sombong mereka mengatakan bahwa baptisan ini tidak memiliki dasarnya sebagai institusi Allah, tetapi dimasukkan kemudian semata-mata berdasarkan ide manusia. Tentu kita menyetujui bahwa suatu sakramen yang tidak berdiri di atas dasar Firman Tuhan, tidak akan mempunyai kekuatannya. Tetapi bagaimana kalau setelah diperiksa, ternyata tuduhan yang dilontarkan terhadap institusi yang kudus ini hanyalah fitnah yang tidak beralasan. Inilah jawaban kita. Pertama, ajaran yang sudah diterima baik di antara orang-orang saleh ialah pandangan yang tepat mengenai tanda-tanda tidak terletak hanya pada segi lahiriah dari upacara itu, tetapi terutama terletak pada janji dan rahasia-rahasia (kebenaran-kebenaran) rohani yang digambarkan oleh upacara yang diperintahkan oleh Tuhan itu. Alkitab menyatakan bahwa baptisan pertama-tama menunjuk kepada pembersihan dari dosa, yang kita peroleh dari darah Kristus; selanjutnya ialah pematian kedagingan, yang didasarkan pada keikutsertaan kita dalam kematian-Nya yang melaluinya kita dilahirkan kembali untuk memperoleh hidup yang baru dan persekutuan dengan Kristus. Inilah intisari ajaran Alkitab tentang baptisan; yang ada di luar itu hanyalah suatu tanda yang menyatakan kepercayaan kita di hadapan orang-orang. Baca selengkapnya ... about Baptisan Anak