Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Artikel

Loading

You are herepertobatan

pertobatan


Analisis Teologis Terhadap Ajaran Baptisan Roh Kudus Sebagai Pengalaman yang Berbeda dari Pertobatan 1

Pdt. Samuel T. Gunawan, M.Th

Berikut ini adalah bagian atau ayat-ayat Alkitab yang dijadikan dasar pengajaran Pentakostlisme bahwa baptisan Roh Kudus sebagai pengalaman tersendiri sesudah kelahiran baru dan bahasa roh sebagai bukti fisik dari baptisan Roh Kudus.

Pertama: Analasis teologis terhadap ajaran Baptisan Roh Kudus sebagai pengalaman yang berbeda dari perteobatan.

Ayat-ayat yang dijakan dasar ajaran Pentakostalisme bahwa baptisan Roh Kudus sebagai pengalaman yang berbeda dari pertobatan adalah sebagai berikut: Kisah Para Rasul 2:1-4, 38; 8:4-25; 9:1-19; 10:44-47; 19:1-7; Markus 1:9-11. Berikut ini ringkasan ajaran dan penjelasan ayat-ayat tersebut dari pandangan Pentakostalisme disertai dengan  analisis teologis terhadap ajaran dan pandangan tersebut.

Tobat

pertobatanOleh: Pdp. Jafar J.I. Thamrin, S.Th.

Kita sering mendengar kata "tobat" dan "bertobat". Apa yang dimaksud dengan kata Tobat ini?

Tobat dalam kamus Bahasa Indonesia berarti: sadar dan menyesal akan dosanya dan berniat akan memperbaiki tingkah laku dan perbuatannya.

Dalam bahasa Ibrani tobat diartikan “Syub”: membalikan diri, memalingkan diri, kembali. Kata “Syub” memang tidak berarti apa-apa kalau tidak diikuti oleh kata “Nakas” yang berarti menyesal. Sedangkan dalam bahasa Yunani adalah "Metanoia", artinya berubah di dalam atau juga bisa diartikan secara bebas, berubah dari dalam.

Sekali Pembunuh tetap Pembunuh!

Oleh: Mang Ucup


Kisah nyata yang terjadi di Jerman - Sumber: Majalah Spiegel Edisi 30/2006 yang telah ditulis ulang oleh Mang Ucup.

Ketika Bernhard berusia 21 th, ia membunuh istrinya sendiri yang pada saat itu baru berusia 18 tahun dengan harapan bisa menipu uang asuransi sejumlah dua juta AS$. Untuk ini ia di vonis hukuman penjara 25 th, tetapi setelah 16 th ia dibebaskan karena berkelakuan baik.

Tinggalkan Komentar