Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Artikel

Loading

You are herePelayanan Gereja / Gereja Dan Sakramen

Gereja Dan Sakramen


Oleh: Wiempy Wijaya

Shalom Aleichem, Di bawah ini akan saya bahas mengenai Gereja Dan Sakramen.

1. Apakah yang dimaksud dengan gereja ? Gereja berasal dari kata Ekklesia yang berarti di panggil keluar untuk berkumpul. Dalam Perjanjian Baru berarti kumpulan orang-orang yang di panggil keluar dari dunia yang berdosa, lalu dipisahkan untuk melayani Kristus ( 1 Petrus 1 : 1 - 2 )
2. Apa yang dimaksud dengan gereja yang am ? Gereja am artinya persekutuan orang yang percaya di seluruh dunia sebagai anggota tubuh Kristus. Pengakuan bahwa gereja am terdapat di dalam Pengakuan Iman Rasuli.
3. Apa yang dimaksud dengan gereja lokal ? Gereja lokal ialah persekutuan orang-orang percaya dalam suatu lokasi tertentu yang mengatur diri sendiri.
4. Apakah sifat gereja itu ?
* Sbg Tubuh Kristus ( Efesus 4 : 15 - 16 )
* Sbg Mempelai ( Efesus 5 : 22 - 27 )
* Sbg Bait Allah Rohani.
5. Mengapa di dunia ini banyak terdapat aliran gereja ? Banyaknya gereja adalah akibat kebebasan yang Tuhan berikan kepada gereja lokal untuk mandiri. Namun seringkali juga di sebabkan perbedaan pandangan. Misalnya gereja Protestan keluar dari gereja Roma Katolik karena Martin Luther ingin menegakkan kebenaran Allah yg telah dilanggar oleh gereja Katolik Roma waktu itu.
6. Darimanakah asal usulnya gereja Protestan ? Gereja Protestan berasal dari gereja Roma Katolik. Pada abad ke-16 pemimpin gereja Roma Katolik telah menyesatkan umat Tuhan maka seorang uskup bernama Martin Luther dan pengikutnya memprotes tingkah laku pemimpin mereka. Akibatnya Martin Luther dan pengikutnya dikucilkan dan diberi gelar protestan yang artinya si tukang protes.
7. Kapankah gereja mulai didirikan ? Menurut penafsiran pada umumnya gereja berdiri pada hari turunnya Roh Kudus di kota Yerusalem. Dan jemaat yang pertama ialah 3000 orang yang bertobat mendengar khotbah Petrus pada waktu itu ( Kisah Para Rasul 2 )
8. Siapakah pendiri gereja dan apakah dasarnya ? Pendiri dan dasar gereja ialah Kristus ( 1 Korintus 3 : 11 )
9. Apakah Matius 16 : 18 menunjukkan bahwa Petruslah dasar gereja ? Para penafsir cenderung mengatakan bahwa gereja didirikan diatas pengakuan Petrus dan bukan atas pribadi Petrus.
10. Apakah tugas dari gereja ?
* Memuliakan Allah
* Mengabarkan Injil ( Matius 28 : 18 - 20, Kisah Para Rasul 1 : 8 )
* Membaptiskan orang percaya ( Matius 28 : 20 )
* Mengajar orang percaya ( [Matius 28 : 20 )
* Diakonia (Pelayanan Sosial) ( Kisah Para Rasul 6 : 1 - 7 )
* Menyelenggarakan Sakramen ( 1 Korintus 11 : 23 - 26 )
* Menjaga kesucian jemaat ( 1 Korintus 5 : 1 - 8 )
* Mendoakan pemerintah ( 1 Timotius 2 : 1 - 2 )
11. Siapakah pejabat gereja itu ?
* Tuhan mengutus gembala, guru, pengajar untuk melengkapi jemaat-Nya supaya bertumbuh ( Efesus 4 : 11 - 16 )
* Diakon ( 1 Timotius 2 : 1 - 2 )
12. Apakah yang dimaksud dengan Sakramen ? Sakramen adalah upacara khusus yang diajarkan oleh Yesus dan para Rasul yang semuanya tercatat dalam Alkitab dan sering dilakukan dalam kehidupan orang Kristen mula-mula.
13. Ada berapa Sakramen bagi orang Kristen Protestan ? Alkitab mengajarkan ada dua buah Sakramen yaitu Sakramen Baptisan dan Sakramen Perjamuan Kudus ( Matius 28 : 19, 1 Korintus 11 : 23 - 26 )
14. Apakah arti Sakramen Baptisan ?
1. Kesaksian seorang pengikut Yesus kepada keluarganya, orang banyak, dan Iblis bahwa dia sungguh-sungguh menjadi milik Kristus.
2. Lambang mati dan bangkit bersama Kristus ( Roma 6 : 4 )
3. Janji seorang murid Kristus.
15. Apakah Baptisan Kudus dapat menyelamatkan manusia ? Baptisan Kudus ialah kesaksian bagi yang sudah diselamatkan sebab itu keselamatan harus mendahului baptisan. Baptisan hanya suatu lambang (dhi upacara) saja ( Kisah Para Rasul 8 : 36 - 37 )
16. Kalau Baptisan hanya suatu lambang saja, apakah orang percaya harus menerima Baptisan Kudus ? Yesus sendiri dibaptis oleh Yohanes, dan Yesus memberi perintah untuk membaptiskan orang yang telah menerima-Nya ( Matius 28 : 19 - 20 ). Orang percaya namun tidak mau dibaptis sama seperti sepasang muda-mudi yang saling mengasihi namun tidak mau menikah selama-lamanya.
17. Ada berapa carakah pembaptisan itu ?
* Baptis Selam --> Badan orang percaya dimasukkan kedalam air seluruhnya.
* Baptis Percik --> Orang percaya hanya dipercik air sedikit saja.
18. Cara baptis yang bagaimanakah yang sering dipakai di dalam Alkitab ? Cara selam adalah yang paling sering dipakai, namun tidak di persoalkan apakah harus di air yang mengalir atau tidak.
19. Apakah arti Perjamuan Kudus itu ? Perjamuan Kudus diadakan untuk mengenang dan memberitakan kematian dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya.
20. Apakah yang dilakukan dalam Sakramen Perjamuan Kudus ? Orang-orang percaya bersama-sama dengan saudara seiman mereka memecahkan roti tidak beragi dan minum anggur, seperti yang di perintahkan oleh Yesus ( Kisah Para Rasul 2 : 41 - 42 )
21. Siapa sajakah yang membaptis atau memimpin Perjamuan Kudus ? Alkitab tidak menjelaskan hal ini, namun menurut tradisi, bahwa orang yang mempunyai tanggung jawab paling besarlah dalam bidang kerohanian yang akan memimpin upacara ini. Misalnya : Pendeta, Guru Injil, Tua-tua (sekarang disebut Penatua) atau Majelis
22. Ada gereja yang hanya menggunakan anggur yang sejati (asli), dan kalau tidak ada maka tidak diadakan Perjamuan Kudus ? Bagaimanakah sikap gereja kita terhadap hal tsb ?

Alangkah baiknya jika upacara Perjamuan Kudus itu diadakan semirip mungkin dengan Perjamuan Malam Yesus beserta murid-murid-Nya, namun jika berada dalam lokasi yang tidak memungkinkan memperoleh anggur sejati, anggur pengganti pun diperbolehkan untuk dipakai. Yg perlu ditekankan disini adalah yg penting dlm acara Perjamuan Kudus hati kita terarah penuh dan rindu untuk mengenang kembali apa yg telah dilakukan Tuhan Yesus beserta murid-murid-Nya pada waktu itu.

Tinggalkan Komentar