Yesus

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Temukan Yesus di saat Dia tidak jadi Allah dalam Hidupmu

Oleh: Pdp. Jafar J I Thamrin, S.Th

Mungkin pada waktu kita membaca judul di atas, kita akan kaget dan berkata kok bisa……bukankan Yesus itu adalah Allah. Kenapa harus mengatakan “Temukan Yesus di saat Dia tidak menjadi Allah dalam hidupmu”. Sebelum kita melanjutkan renungan ini, izin saya sedikit menjelaskan judul diatas supaya waktu pada kita masuk dalam perenungan, kita akan mengerti kenapa judul diatas ditulis demikian. Kita tahu bahwa Yesus memiliki 2 natur. Yang pertama Yesus memiliki natur Allah (Yoh 1:1) dan yang kedua Dia memiliki natur manusia (Yoh 1:14) Yesus adalah Firman atau Kalimatullah yang ada didalam diri Allah. Atau dengan kata lain Ia (Yesus) sama dengan Allah, dalam rupa Allah (Yun: Morphe) Yohanes 1:1-2. Namun Firman atau Kalimatullah itu menjadi manusia Yohanes 1:14. Dalam keadaanNya sebagai manusia , Yesus disebut (Yun: Schema) Baca selengkapnya ... about Temukan Yesus di saat Dia tidak jadi Allah dalam Hidupmu

Haruskah Yesus Menangis (Lagi)?

Oleh : Josep Hutapea

“Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, Ia menangisinya,” Lukas 19:41
“Maka menangislah Yesus.” Yoh 11:35

Sebagai manusia tentunya Yesus juga mengalami emosi dalam hidupnya. Marah dan menangis adalah luapan emosi yang pernah dilakukan Yesus. Perbedaannya dengan manusia yang lain adalah motif kemarahan dan substansi yang ditangisi. Baca selengkapnya ... about Haruskah Yesus Menangis (Lagi)?

Yesus yang Saya Kenal

Oleh: Esen

Jesus: The Troublemaker Yesus yang saya kenal di Alkitab adalah terutama seorang pembuat masalah. Kata-kataNya selalu tajam, membuat syak, dan spesialis membuat banyak orang tersinggung dan naik pitam. Dia adalah contoh sejati dari kata ‘batu sandungan’ karena Dia telah membuat pengikutnya membenci para pemuka agama pada waktu itu dengan seringnya menggosipkan kejelekan dan kebobrokan mereka. Dia tidak mengenal tata krama karena ‘demen’ membuat mukjizat (baca: keonaran) pada sikon yang tidak tepat. Ketika Dia datang ke Bait Allah (baca: gereja), semestinya Dia ada disana untuk melepaskan berkat, namun Dia malah membuat banyak orang bangkrut dan mengalami kerugian finansial. Dia juga dianggap kalangan terpelajar pada waktu itu sebagai wong edan, orang yang kerasukan setan, pemberontak, atau minimal tersertifikasi sebagai con artist. Baca selengkapnya ... about Yesus yang Saya Kenal

Yesus Adalah Nama yang Sederhana

Tahukah Anda bahwa di dalam Alkitab ada seorang pria yang bernama Tiglat Pileser, atau Adoni-Bezek? Tidakkah Anda gembira karena Allah tidak menamai Putra-Nya dengan nama itu? Maksud saya, dapatkah Anda membayangkan jika nama seperti itu ditulis untuk lagu-lagu ibadah? Untunglah, Allah menamai Putra-Nya Yesus. Hanya dua suku kata, lima huruf, diucapkan sama hampir oleh semua bahasa. Bahkan seorang anak kecil pun bisa mengucapkannya. Itu adalah nama yang lazim dipakai rakyat Yahudi, sebuah nama yang populer di kalangan keluarga-keluarga Yahudi pada saat Tuhan kita dilahirkan. "Yesus" dalam Perjanjian Baru sama dengan "Yosua" dalam Perjanjian Lama. Baca selengkapnya ... about Yesus Adalah Nama yang Sederhana

Curriculum Vitae of Jesus Christ

Curriculum Vitae

Nama: Yesus Kristus

Alamat: Efesus 1:20

Telepon: Roma 10:13

Website: Alkitab

Kata-kata kunci: Kristus, Tuhan, Juru Selamat, dan Yesus

Nama Saya Yesus -- Yang Diurapi. Banyak yang memanggil Saya Tuhan! Saya mengirimkan CV Saya kepadamu, karena Saya sedang mengejar posisi manajemen teratas dalam hatimu. Jangan sungkan untuk membaca lebih rinci segala hal tentang Saya berikut ini.

The Forgiven Unforgiven

Pengirim: Andy Lesmana

Namaku tidaklah penting. Sejarah tidak mencatatnya. Arkeolog tidak dapat menemukan apa pun tentang aku. Atau mungkin mereka tidak berniat mencarinya. Aku sama tidak pentingnya seperti namaku. Tapi aku mau menceritakan sebuah kisah. Sebuah cerita tentang hidupku. Sebuah kisah dari sudut pandangku. Sebuah cerita dari tangan pertama. Sebuah kisah yang aku percaya sangat penting untuk kamu ketahui. Sebuah cerita untuk hati yang patah. Sebuah kisah untuk kaum terbuang. Sebuah cerita untuk yang kesepian. Sebuah kisah tentang setiap kita. Sebuah cerita yang dapat mengubah hidupmu.

Dapat dikatakan hidupku berwarna. Sebagian besar gelap. Ya, aku pernah jatuh cinta. Aku pernah tertawa. Aku pernah bahagia. Tapi seringnya aku merasa disisihkan. Aku dilupakan. Aku ditinggalkan. Aku tidur dengan rasa takut sebagai bantal, dan penderitaan sebagai selimutnya. Aku tidak ingin seperti ini, tapi inilah aku. Aku terjebak menjadi pribadi yang aku benci. Mungkin aku dikutuk.
Baca selengkapnya ... about The Forgiven Unforgiven

Pembelaan Bahwa Yesus Bisa Membaca dan Menulis

Oleh: Samuel T. Gunawan, M.Th


“Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia” (Lukas 2:52)


PROLOG

Pertanyaan yang ditujukan kepada Kekristen itu sering kali sederhana, tetapi jawabannya tidaklah sesederhana pertanyaan tersebut. Satu dari banyak pertanyaan itu adalah “apakah Yesus bisa membaca dan menulis?”. Terhadap pertanyaan ini orang Kristen dituntut untuk memberikan penjelasan yang cerdas, rasional, dan bukti-bukti yang valid, serta sesuai dengan Kitab Suci. Baca selengkapnya ... about Pembelaan Bahwa Yesus Bisa Membaca dan Menulis

Paskah: Pengadilan Yesus

Oleh:Rick Warren

Paskah: Pengadilan Yesus"Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: 'Apakah Engkau Mesias, Anak dari yang Terpuji?'"

Apakah yang sangat penting tentang Paskah? Paskah itu penting karena itu membuktikan bahwa Yesus adalah siapa yang Ia katakan. Dia adalah Anak Allah, dan Dia datang ke dunia untuk menyelamatkan kita.

Ada 3 hal yang terjadi dalam peristiwa dramatis di akhir minggu Paskah: pengadilan Yesus, kemudian kematian Yesus, dan akhirnya kebangkitan Yesus.

Sebenarnya Yesus mengalami enam pengadilan. Dalam satu malam, ia dibawa ke hadapan Hanas (ayah mertua Kayafas), Kayafas (imam besar), Sanhedrin (Mahkamah Agama), Pilatus (Gubernur Yerusalem), Herodes (Gubernur Galilea), dan kemudian kembali pada Pilatus.

Di akhir keenam pengadilan itu, apa yang mereka temukan untuk mendakwa dia? Tidak ada.

Dia tidak pernah berbuat satu pun hal yang salah. Mereka membawa orang-orang yang melemparkan tuduhan palsu, tapi semuanya itu tidak terbukti. Baca selengkapnya ... about Paskah: Pengadilan Yesus

Yesus dan Paulus Tidak Pernah Menghapus Taurat

Oleh: Rudy Lee

Apakah benar Taurat itu sudah tidak berlaku lagi? Siapa yang berkata bahwa Taurat itu tidak berlaku? Bagaimana dengan ucapan Paulus yang terdapat dalam Efesus 2:13-16 khususnya dalam ayat 15:

"Sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya......"

Benarkah Yesus mati untuk membatalkan Taurat? Coba perhatikan konteks ayat ini, apa yang sedang dibicarakan oleh Paulus sebenarnya? Dia tidak sedang membicarakan tentang Taurat tetapi perseteruan antara orang-orang Yahudi asli dan bangsa-bangsa lain gara-gara makanan, Baca selengkapnya ... about Yesus dan Paulus Tidak Pernah Menghapus Taurat

Pages