Masalah

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Iman Mengalahkan Dunia

Oleh:
Sandy Naiowan Lamtorang

"Sebab semua yang lahir dari ALLAH, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: Iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa YESUS adalah anak ALLAH." (1 Yohanes 5:4-5)

Pergumulan hidup makin lama makin berat. Permasalahan yang dihadapi makin kompleks saja. Kita pun tahu bahwa menjadi orang Kristen bukan berarti bebas dari masalah-masalah itu. Yang menyedihkan adalah melihat kenyataan bahwa ada begitu banyak orang Kristen yang gampang sekali terguncang ketika masalah datang, sehingga mereka kemudian mengambil keputusan untuk mundur atau bahkan meninggalkan TUHAN. Baca selengkapnya ... about Iman Mengalahkan Dunia

Masalah.. Siapa Takut..?

Oleh: Pdt.Yahya Mulyono

Banyak orang yang takut menghadapi masalah. Bahkan kita sering mendengar doa orang Kristen yang meminta kepada Tuhan agar dihindarkan dari masalah kehidupan. Padahal di balik masalah itu ada berkat terselubung yang disediakan Tuhan bagi kita. Di balik masalah yang kita hadapi pasti ada hikmatnya, yang akan membuat kita kagum akan karya Tuhan yang ajaib itu.

Kita akan merenungkan kisah yang terjadi dalam kitab Lukas 1:5-25, di mana kita menemukan beberapa pelajaran rohani di dalamnya:

1. Hidup benar tapi ada masalah.

Zakharia dan Elisabet adalah pasangan suami istri yang hidup benar dan saleh (ayat 6), tapi mereka tidak mempunyai anak sebab Elisabet mandul (ayat 7). Baca selengkapnya ... about Masalah.. Siapa Takut..?

Sulit Tersenyum

Oleh: Ev. Sudiana

Pengalaman saya, ketika terjadi masalah saya sulit sekali tersenyum, saya sudah berusaha melupakan masalah itu dalam arti kata "saya meletakkan beban itu dan meminta bantuan Tuhan Yesus untuk menolong saya", karena memang tidak ada jalan , hanya Tuhan Yesus lah yang bisa menolong dan menyelesaikan setiap masalah kita. Dan saudara tahu ada orang-orang di sekitar saya "ketika mereka melihat saya tidak tersenyum , tidak gembira -- hal ini ternyata sangat mempengaruhi mereka, saya kemudian berusaha untuk tersenyum, tetapi suatu keanehan "senyum yang dipaksa atau terpaksa -- tidak membawa dampak yang baik"

Sepanjang hari pemahaman itu sudah tertanam dipikiran dan dihati saya, tapi memang heran sepanjang hari yang saya lalui sulit sekali untuk tertawa lepas atau hati yang gembira, tetapi ketika malam hari saya sudah melihat pertolongan Tuhan Yesus, hati saya seperti mengalami kelegaan dan berubah saya menjadi ceria, saya bisa tertawa lepas. Alkitab menuliskan "Ia datang memberi kelepasan". Baca selengkapnya ... about Sulit Tersenyum

Definisi Menderita

Oleh: Ev. Sudiana

Kalau saudara menghayati pembacaan akitab dari penciptaan -- dari mula sejak zaman Adam dan Hawa, yang membuat manusia menderita adalah penyebabnya dosa - memberontak - tidak taat - tidak dengar-dengaran firman Tuhan - tidak melakukan perintah-Nya.

Coba kita balik ceritanya :
* coba kalau Hawa dengar firman Tuhan langsung - pasti dia akan menguatkan kata-kata Adam 'ya Tuhan suruh jangan makan-ibis kamu keliru'
* coba kalau Adam teguh - tidak tergoda 'aman'
* coba kalau mereka taat 'lebih dengar Tuhan - tidak ada hukuman' Baca selengkapnya ... about Definisi Menderita

Dosa dan Masalah

Oleh: Yon Maryono

Pada saat kita berfikir tentang istilah pekerja maka tidak terlepas dari definisi orang yang melakukan pekerjaan untuk memperoleh penghasilan, dapat berupa gaji atau materi baik materi, uang maupun non materi. Tetapi bila istilah pekerja itu dikaitkan dengan PSK atau pekerja Seks Komersial, anda akan termenung benarkah istilah pekerja itu sama dengan definisi yang kita harapkan? Mengapa perbuatan percabulan atau perzinahan dikatagorikan pekerjaan sebagaimana profesi lainnya? Hal ini menunjukan bahwa tindak pelanggaran asusila yang merupakan perbuatan dosa dikemas menjadi pelanggaran yang merupakan masalah sosial.

Memaknai Dosa

Mencoba memahami pengertian dosa didasarkan Alkitab, maka segala pengertian dosa harus berlatar belakang pelanggaran manusia terhadap hukum Allah (1 Yohanes 3:4). Baca selengkapnya ... about Dosa dan Masalah

Menjadi Pemecah Masalah

Oleh: Philip Kuncoro

Dalam hal masalah hidup pada dasarnya ada 2 jenis manusia :

(a) Troublemaker = biang kerok/ pembuat masalah
Ini biasanya adalah orang-orang yang terluka, yang suka cari gara-gara. Masalah kecil sering mereka besar-besarkan.

(b) Problem solver = pemecah masalah
Ini adalah tipe yang matang, yang suka mendamaikan suasana dan mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. Tipe ini suka membuat masalah besar menjadi kecil, masalah kecil menjadi tidak ada!

Baca selengkapnya ... about Menjadi Pemecah Masalah

Never Give Up!

Oleh: Lia Sutandio

Seorang wanita bernama Lovely sedang mengalami suatu kebosanan dengan keadaan dirinya yang mengalami berbagai masalah yang tiada hentinya. Dia mengalami begitu banyak tekanan di perusahaannya. Dia sedang menantikan mujizat untuk hubungannya dengan calon suaminya. Dia juga mengalami masalah dalam keluarganya. Dan semuanya itu seperti tidak ada ujungnya.

Puncaknya, pada suatu hari, Lovely menangis tiada hentinya sepanjang hari itu, tidak bisa konsentrasi dalam mengerjakan segala sesuatunya, mengalami banyak kesalahan, sehingga masalah-masalah kecil pun mulai menambah beban di hati dan pikirannya. Baca selengkapnya ... about Never Give Up!

Ombak

Oleh: Maghdalena

Suatu hari saya ke sebuah pantai, di sana saya duduk di tepi karang. Saat itu saya sedang mengalami masalah dan mengalami pergumulan, di sanalah saya ingin menyendiri.

Sewaktu saya duduk, datanglah deburan ombak, lalu memecahkan karang di hadapan saya.

Karang itu mengalami pecahan sedikit demi sedikit. Lalu saya merenung, ombak itu hanyalah berupa kumpulan air laut yang bergerak, namun dia dapat menerjang apa pun di hadapannya, walaupun itu karang sekalipun, seolah dia mempunyai energi yang besar. Baca selengkapnya ... about Ombak

Menanam Benih Ketakutan

Penulis : Charles Nieman

SETAN memakai empat metode dalam usahanya untuk menanamkan benih ketakutan ke dalam hati anda, di mana benih itu akan tumbuh dan berbuah.

METODE I : KATA-KATA

Kata-kata akan diucapkan kepada anda dengan satu cara atau cara lainnya, baik oleh orang lain atau oleh roh-roh jahat yang berbicara langsung kepada alam sadar anda. ".dan Tobia mengirim surat untuk menakut-nakuti aku" (Nehemia 6:19). Nehemia mengetahui apa yang akan dilakukan Tobia dan tidak jatuh ke dalam rencananya. Seringkali, kata-kata yang menakutkan akan diucapkan kepada anda oleh orang-orang Kristen yang bermaksud baik, yang kebetulan tulus namun salah. Baca selengkapnya ... about Menanam Benih Ketakutan

Menyerah di Sungai Yabok

Penulis : Sunanto Choa

Kej 32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."

Kisah pergumulan Yakub melawan Allah di sungai Yabok merupakan salah satu kisah seru yang terdapat di Alkitab. Namun kisah ini juga mengandung sebuah pelajaran penting yang dapat diaplikasikan dalam hidup kekristenan kita. Sama seperti Yakub, kita semua satu waktu akan dibawa pada 'Sungai Yabok' yang berarti tempat pengosongan/pelepasan. Baca selengkapnya ... about Menyerah di Sungai Yabok

Pages