Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Artikel

Loading

You are hereWanita / Perempuan dan Masyarakat

Perempuan dan Masyarakat


Penulis : Bagus Pramono

3.1. PEREMPUAN YANG CANTIK

Dalam stereotip masyarakat kita, masih menuntut bahwa perempuan harus selalu tampil cantik, sehingga subur sekali sekali lahan-lahan produk-produk kecantikan, dan fasion. Sungguh mujur para perempuan yang terlahir cantik, berbahagialah atas anugerah ini. Menjadi cantik dan menarik mungkin menyebabkan perempuan lebih mudah mendapatkan pasangan, pujian, atau bahkan pekerjaan. Tetapi apakah kecantikan fisik selalu berakibat baik? Malah kita melihat banyak perempuan yang memang aslinya sudah cantik mempunyai tekanan yang lebih besar daripada perempuan yang kurang, atau tidak cantik. Mengapa? Mereka sering mengalami tekanan untuk mempertahankan kecantikannya, tekanan karena takut tua, takut menjadi gemuk sehingga menyiksa diri dengan sangat membatasi nutrisi yang dimakan, atau tekanan karena "she is just simply beautiful". Kadang kadang seorang yang cantik itu mempunyai tekanan, bahwa kecantikannya itu akan menjadi sasaran pelecehan seksual.

Membicarakan kecantikan tidak akan ada habis-habisnya. Masalah kecantikan selalu menjadi salah satu hal yang terpenting tentang perempuan. Banyak orang setuju dan berpendapat bahwa kecantikan lahiriah itu tidak penting, karena ada kecantikan lain yang bernama "inner beauty". Tetapi ada pihak yang berpendapat bahwa kecantikan lahiriah itu memang penting, karena bagaimana pun wajah adalah hal yang pertama dilihat dan diingat dalam interaksi dengan orang lain.

Paulus memberikan nasehat kepada kaum perempuan :

1 Timotius 2:9-10 2:9 Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal, 2:10 tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.

Konsep kecantikan tidak selalu mengarah kepada kecantikan fisik. perempuan harus mengasah berbagai potensi yang dipunyai didalam dirinya, baik itu fisik, emosional, maupun spiritual, agar menjadi suatu keutuhan yang menciptakan individu yang solid.

Amsal 31:10,30 31:10 Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. 31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Berikut ini adalah tips tampil cantik dari Salomo :

Amsal 15:13 Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.

Amsal 15:30 Mata yang bersinar-sinar menyukakan hati, dan kabar yang baik menyegarkan tulang.

Sikap yang cantik dari seorang perempuan dari tercermin dari sikapnya yang rendah hati :

Efesus 4:2 Hendaklah kamu selalu rendah h2ati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

Selanjutnya kecantikan perempuan dinilai dari tutur katanya :

Amsal 15:4 "Lidah lembut adalah pohon kehidupan, ."

Amsal 15:1 "Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman,.."

Perempuan adalah ciptaan istimewa, mempunyai unsur-unsur keindahan, buktikanlah itu. Jadilah perempuan yang layak dihargai dan dicintai.

3.2. PEREMPUAN YANG PINTAR

Didalam masyarakat kaum perempuan membuktikan bahwa mereka mempunyai intelektualitas yang setara dengan laki-laki. Saat saya sekolah di tiap-tiap akhir tahun pengajaran, juara kelas kebanyakan diraih oleh anak-anak perempuan. Dan mungkin sampai sekarang banyak anak-anak perempuan yang menjadi juara kelas.

Dalam pendidikan para orang tua pada masyarakat kita secara umum tidak pernah membeda-bedakan pendidikan bagi anak laki-laki dan perempuan. Mereka mempunyai jatah pendidikan formal yang sama.

Tetapi kecerdasan tidak boleh dipandang dari segi intelektual saja namun juga dipandang dari segi emosional (IQ-EQ). Perempuan lebih mempunyai spesifikasi perasaan yang halus. Kesabaran adalah kunci kecerdasan emosional.

Emosi sangat mempengaruhi kehidupan manusia ketika dia mengambil keputusan. Tidak jarang suatu keputusan diambil melalui emosinya. Tidak ada sama sekali keputusan yang diambil murni dari permikiran rasio saja, karena seluruh keputusan manusia memiliki warna emosional.

Kita memperhatikan keputusan-keputusan dalam kehidupan ini, ternyata keputusannya lebih banyak ditentukan oleh emosi daripada akal sehat. Emosi yang begitu penting itu sudah lama ditinggalkan oleh para peneliti padahal kepada emosi itulah bergantung suka, duka, sengsara, dan bahagianya manusia. Bukan kepada rasio semata. Maka antara kecerdasan otak dan kecerdasan emosi harus berimbang.
2
Hal-hal yang menentukan sukses dalam kehidupan manusia bukanlah rasio saja tetapi emosi. Penelitian di Amerika menghasilkan sebuah situasi yang disebut dengan "when smart is dumb, ketika orang cerdas jadi bodoh". Ditemukan bahwa orang Amerika yang memiliki kecerdasan atau IQ di atas 125 umumnya bekerja kepada orang yang memiliki kecerdasan rata-rata 100. Artinya, orang yang cerdas umumnya menjadi pegawai kepada orang yang lebih bodoh dari dia. Jarang sekali orang yang cerdas secara intelektual sukses dalam kehidupan. Malahan orang-orang biasalah yang sukses dalam kehidupan.

Lalu apa yang menentukan sukses? Bukan kecerdasan intelektual tapi kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional diukur dari kemampuan mengendalikan emosi dan menahan diri.

Jadilah perempuan-perempuan yang sabar. Orang yang paling sabar adalah orang yang paling tinggi dalam kecerdasan emosionalnya. Seorang penyabar biasanya tabah dalam menghadapi kesulitan. Ketika belajar/bekerja/ mengurus sesuatu mereka akan tekun. Ketika menghadapi masalah mereka akan menyelesaikannya dengan hati yang sabar dan kepala yang dingin. Orang-orang yang demikian akan selalu berhasil mengatasi berbagai gangguan karena mereka tidak selalu memanjakan emosinya. Dengan demikian mereka dapat mengendalikan emosinya.

Yakobus 1:4 Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

3.3. PEREMPUAN YANG BIJAK

Perempuan yang bijak mementingkan kecantikan yang abadi. Perempuan yang bijak memfungsikan dirinya sebagai "penolong", itu sangat mulia. Perempuan bijak selalu berkata-kata penuh hikmat, kata-kata yang bijak mungkin singkat dan mudah diucapkan tetapi gemanya tiada henti :

Amsal 31:26 Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.

Amsal 4:7 Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kauperoleh perolehlah pengertian.

Amsal 16:24 Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

Kita semua tahu siapa Hillary Clinton, dia menjadi sosok utama keberasilan suaminya menjadi presiden. Bahkan saat kampanye Clinton berkata (bercanda tapi mungkin juga serius) "jika anda memilih saya, anda akan mendapat 2 presiden" maksudnya Hillary adalah perempuan yang "cakap" dan berperan banyak dalam keberhasilannya. Dan itu terbukti, ketika Clinton dilanda "kasus" yang sensitif, Hillary tampil sebagai pendamping yang setia, tidak peduli mungkin kasus suaminya itu sungguh menyakitkan hatinya. Dan Clinton pun selamat dari kasus yang menimpanya. Selanjutnya ketika Clinton sudah tidak menjabat presiden lagi Hillary tetap maju dalam dunia politik dan menjadi senator. Ini adalah cerminan perempuan pintar dan cakap tetapi tetap sebagai "penolong" yang setia.

Dalam catatan Alkitab, peran wanita banyak dikaitkan dengan usaha penyelematan, contohnya dari suatu malapetaka, penyakit, kelaparan, kematian, rasa malu, dosa, dlsb. Wanita adalah PENYELAMAT. Marilah kita lihat berbagai contoh tokoh wanita didalam Alkitab :

1. RUT

Menjadi penyelamat keturunan

Rut 1:16 Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Alkitab mencatat bahwa Rut adalah nenek buyut dari raja Daud dan nenek moyang dari Yesus. Rut 4:21-22, Matius 1:5-16.

2. GADIS PELAYAN ISTRI NAAMAN

Menjadi penyelamat tuannya dari penyakit.

2 Raja-raja 5:3,14 5:3 Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: "Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya." 5:14 Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

3. ESTER

Karena pembelaannya, ia menjadi penyelamat sebuah bangsa

Ester 7:3-4 7:3 Maka jawab Ester, sang ratu: "Ya raja, jikalau hamba mendapat kasih raja dan jikalau baik pada pemandangan raja, karuniakanlah kiranya kepada hamba nyawa hamba atas permintaan hamba, dan bangsa hamba atas keinginan hamba. 7:4 Karena kami, hamba serta bangsa hamba, telah terjual untuk dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan. Jikalau seandainya kami hanya dijual sebagai budak laki-laki dan perempuan, niscaya hamba a350 berdiam diri, tetapi malapetaka ini tiada taranya di antara bencana yang menimpa raja."

4. ABIGAIL

Kebijaksanaannya, menjadi penyelamat suaminya dari kematian.

1 Samuel 25:3,32-33 25:3 Nama orang itu Nabal dan nama isterinya Abigail. Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-laki itu kasar dan jahat kelakuannya. Ia seorang keturunan Kaleb. 25:32 Lalu berkatalah Daud kepada Abigail: "Terpujilah TUHAN, Allah Israel, yang mengutus engkau menemui aku pada hari ini; 25:33 terpujilah kebijakanmu dan terpujilah engkau sendiri, bahwa engkau pada hari ini menahan aku dari pada melakukan hutang darah dan dari pada bertindak sendiri dalam mencari keadilan.

5. MARIA IBU YESUS

Ketaatannya mengikuti rencana Tuhan telah melahirkan Juru Selamat manusia dari dosa. Maria menjadi simbol dari ketaatan/ simbol Gereja yang taat.

Matius 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Salomo menuliskan : Isteri yang cakap - menjadi penyelamat bagi seisi rumahnya anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia:

Amsal 31:10-28 PUJI-PUJIAN UNTUK ISTRI YANG CAKAP

31:10 Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. 31:11 Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. 31:12 Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya. 31:13 Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya. 31:14 Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya. 31:15 Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan. 31:16 Ia membeli sebuah ladang yang diingininya, dan dari hasil tangannya kebun anggur ditanaminya. 31:17 Ia mengikat pinggangnya dengan kekuatan, ia menguatkan lengannya. 31:18 Ia tahu bahwa pendapatannya menguntungkan, pada malam hari pelitanya tidak padam. 31:19 Tangannya ditaruhnya pada jentera, jari-jarinya memegang pemintal. 31:20 Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin. 31:21 Ia tidak takut kepada salju untuk seisi rumahnya, karena seluruh isi rumahnya berpakaian rang2kap. 31:22 Ia membuat bagi dirinya permadani, lenan halus dan kain ungu pakaiannya. 31:23 Suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri. 31:24 Ia membuat pakaian dari lenan, dan menjualnya, ia menyerahkan ikat pinggang kepada pedagang. 31:25 Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan. 31:26 Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. 31:27 Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya. 31:28 Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia:

Menjadi pribadi yang bijak, akan membuat keluarga menjadi bahagia, dan menjadi pujian bagi setiap yang melihatnya sehingga ucapan ini sungguh layak :

Amsal 31:29 Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua.
2

3.5. PEREMPUAN PERUSAK

Ada banyak perkataan sumbang tentang perempuan, karena kadang-kadang ada bahkan mungkin banyak perempuan yang menjadi faktor yang dapat menjatuhkan seorang laki-laki. Banyak juga nada-nada sumbang yang diberikan ketika seorang perempuan tidak menempatkan dirinya sebagai partner laki-laki, sebagai penolong yang setia. Sebaliknya apabila penciptaan perempuan hanya sekedar alat "biang kerok" dan provokator maka dapat dipastikan Allah tidak pernah menciptakan Hawa untuk Adam. Allah menciptakan perempuan untuk sesuatu yang berharga untuk turut bersama menggenapi rencana Allah dalam kehidupan kaum laki-laki.

Selanjutnya tulisan ini tidak dimaksudkan untuk merendahkan derajat perempuan tetapi sekilas mengupas kegagalan wanita dalam Alkitab yang merusak seluruh tatanan kehidupan. Melainkan agar kita tidak jatuh dalam dosa yang sama yang pernah dilakukan oleh para pendahulunya melainkan berbalik dan membuat keberhasilan yang menakjubkan.

Berikut ini type-type perempuan perusak dalam kacamata Alkitab, melalui kebenaran ini dimaksudkan agar setiap kita tidak jatuh dalam dosa yang sama yang membawa keluarga dan pelayanan dalam kerusakan yang fatal.

1. TYPE HAWA - ANDIL DALAM PERBUATAN DOSA

Kenyataan dalam Alkitab bahwa "Hawa" memberikan andil yang menyebabkan manusia jatuh dalam dosa. Sebenarnya Allah tidak pernah memiliki rencana bagi kaum wanita sebagai salah satu pemb2erontakan di Taman Eden. Namun demikian Allah mengetahui bahwa wanita memiliki kemampuan pemberontak dan mengajak suaminya terjerumus dalam dosa mula-mula yang dampaknya terjadi sampai sekarang.

2. TYPE SARAH - MENJERUMUSKAN IMAN ABRAHAM

Ketika Abraham tidak sabar menanti janji tentang lahirnya anak perjanjian, maka "Bapa orang beriman" ini goyah atas saran dari Sarah. Akibat dari Abraham mendengar nasehat dari Sarah ini, lahir kekacauan 2 agama besar dunia dan pertentangan antar bangsa. Islam vs Kristen dan Israel vs palestina (Arab).

Kejadian 16:2 Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.

3. TYPE ISTRI LOT - CINTA HARTA DUNIA

Istri Lot lebih mementingkan harta daripada keselamatan

Kejadian 19:26 Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam.

4. TYPE DELILA - MENGGUNAKAN KECANTIKANNYA UNTUK MENIPU

Hakim-hakim 16:6 Lalu berkatalah Delila kepada Simson: "Ceritakanlah kiranya kepadaku, karena apakah kekuatanmu demikian besar, dan dengan apakah engkau harus diikat untuk ditundukkan?"

Hakim-hakim 16:16-20 16:16 Lalu setelah perempuan itu berhari-hari merengek-rengek kepadanya dan terus mendesak-desak dia, ia tidak dapat lagi menahan hati, sehingga ia mau mati rasanya. 16:17 Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, katanya: "Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain." 16:18 Ketika dilihat Delila, bahwa segala isi hatinya telah diceritakannya kepadanya, disuruhnyalah memanggil raja-raja kota orang Filistin, katanya: "Sekali ini lagi datanglah ke mari, sebab ia telah menceritakan segala isi hatinya kepadaku." Lalu datanglah raja-raja kota orang Filistin itu kepadanya sambil membawa uang itu. 16:19 Sesudah itu dibujuknya Simson tidur di pangkuannya, lalu dipanggilnya seorang dan disuruhnya mencukur ketujuh rambut jalinnya, sehingga mulailah Simson ditundukkan oleh perempuan itu, sebab kekuatannya telah lenyap dari padanya. 16:20 Lalu berserulah perempuan itu: "Orang Filistin menyergap engkau, Simson!" Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: "Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas." Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia.

5. TYPE ISTERI-ISTERI SALOMO - MENJERUMUSKAN RAJA PALING BIJAKSANA DI DUNIA

1 Raja-raja 10:23 Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat.

1 Raja-raja 11:4,6 11:4 Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. 11:6 dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.

Salomo melakukan apa yang jahat di mata Tuhan dengan menyembah illah-illah lain

6. TYPE IZEBEL - ISTRI YANG DOMINAN

Wanita yang berdarah dingin ini mengikuti pola Bapaknya yakni penyembahan berhala. Tidak peduli suaminya adalah Raja Ahab yang seharusnya beribadah kepada Allah, dibelokkanya kedalam penyembahan berhala "tradisi" dari orang tuanya. Type Izebel adalah type seorang Istri yang mendominasi suaminya

1 Raja-raja 16:31 Seakan-akan belum cukup ia hidup dalam dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, maka ia mengambil pula Izebel, anak Etbaal, raja orang Sidon, menjadi isterinya, sehingga ia pergi beribadah kepada Baal dan sujud menyembah kepadanya.

Bahkan ia lebih mendominasi setiap keputusan dari suaminya adalah keputusannya. Ia rela membantai nabi-nabi Tuhan untuk melampiaskan ambisinya

1 Raja-raja 18:4 Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka.

Kasus yang paling menonjol kegagalan Ahab adalah dalam kasus Nabot,

1 Raja-raja 21:7 Kata Izebel, isterinya, kepadanya: "Bukankah engkau sekarang yang memegang kuasa raja atas Israel? Bangunlah, makanlah dan biarlah hatimu gembira! Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu."

Masih banyak keputusan-keputusan Isebel yang mempengaruhi suaminya sehingga menyusahkan uma370351, dan celakanya Ahab tidak berkutik ketika istrinya sudah bicara.

7. TYPE ISTRI AYUB - ISTRI YANG CEREWET

Isteri Ayub dalam kesusahan, meninggalkan Allah. Mungkin istri Ayub inilah yang paling tepat menggenapi peribahasa, ada uang abang sayang, tidak ada uang abang ditendang!

Ayub 2:9. "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!"

Bagaimana seorang suami bisa hidup tenteram dengan type perempuan yang hanya suka mengkritik. Amsal berkata :

Amsal 21:9 Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar. Rata-rata pertengkaran rumah tangga disebabkan oleh perkataan yang merusak perasaan pasangannya, Amsal menulis tentang Perempuan yang suka merusak dengan menggunakan mulutnya.

Amsal 9:13 Perempuan bebal cerewet, sangat tidak berpengalaman ia, dan tidak tahu malu.

8. TYPE HERODIAS & ANAK PEREMPUANNYA - MEMBUNUH

Atas dendamnya kepada Yohanes Pembabtis, mereka sepakat melakukan pembunuhan
8
Mrk. 6:19 Karena itu Herodias menaruh dendam pada Yohanes dan bermaksud untuk membunuh dia, tetapi tidak dapat,

Markus 6:22-28 6:22 Pada waktu itu anak perempuan Herodias tampil lalu menari, dan ia menyukakan hati Herodes dan tamu-tamunya. Raja berkata kepada gadis itu: "Minta dari padaku apa saja yang kauingini, maka akan kuberikan kepadamu!", 6:23 lalu bersumpah kepadanya: "Apa saja yang kauminta akan kuberikan kepadamu, sekalipun setengah dari kerajaanku!" 6:24 Anak itu pergi dan menanyakan ibunya: "Apa yang harus kuminta?" Jawabnya: "Kepala Yohanes Pembaptis!" 6:25 Maka cepat-cepat ia pergi kepada raja dan meminta: "Aku mau, supaya sekarang juga engkau berikan kepadaku kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam!" 6:26 Lalu sangat sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya ia tidak mau menolaknya. 6:27 Raja segera menyuruh seorang pengawal dengan perintah 2supaya mengambil kepala Yohanes. Orang itu pergi dan memenggal kepala Yohanes di penjara. 6:28 Ia membawa kepala itu di sebuah talam dan memberikannya kepada gadis itu dan gadis itu memberikannya pula kepada ibunya.

9. TYPE IBU YAKOBUS & YOHANES - NEPOTISME

BerKolusi dan Nepotisme (KKN), berharap kedekatan anak-anaknya dengan Yesus supaya mendapatkan posisi lebih.

Matius 20:21. "Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam kerajaanMu, yang seorang di sebelah kananMu dan yang seorang di sebelah kiriMu."

9. TYPE SAFIRA - MENIPU ALLAH

Menipu Allah atas persembahan yang diberikan, ada motivasi untuk dipuji manusia bahwa Safira & suaminya mempersembahkan seluruh hasil penjualan.

Kisah Para Rasul 5:2,9 5:2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. 5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur s2uamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

Dalam pilihan-pilihan tersebut diatas, apakah anda menjadi ingin PENYELAMAT atau PERUSAK?

3.6. KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

Telah kita pelajari diatas tentang sukses perempuan dan potensinya. Namun saat ini masih ada saja berbagai kasus menunjukkan bahwa perempuan masih rentan terhadap tindak kekerasan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada kaum laki-laki yang masih suka menindas perempuan yang dianggap lemah baik di sektor domestik (rumah tangga) maupun di masyarakat. Firman Tuhan dengan tegas mengatakan :

Amsal 14:31 "Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya".

Secara umum fisik perempuan tidak sekuat laki-laki, itu sebabnya laki-laki berfungsi sebagai pelindung, tetapi bukan sebagai penindas.

DEFINISI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

Kekerasan terhadap perempuan adalah setiap tindakan yang berakibat kesengsaraan atau penderitaan-penderitaan pada perempuan secara fisik, seksual atau psikologis, termasuk ancaman tindakan tertentu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara sewenang-wenang baik yang terjadi di depan umum atau dalam lingkungan kehidupan pribadi.

Kekerasan terjadi ketika laki-laki menempatkan perempuan dalam status yang lebih rendah. "Hak istimewa" yang dimiliki laki-laki sebagai seorang pemimpin ini kadang dipakai untuk menjadikan perempuan sebagai "barang" milik laki-laki yang berhak untuk diperlakukan semena-mena, termasuk dengan cara kekerasan.

Perempuan berhak memperoleh perlindungan hak asasi manusia setara dengan laki-laki. Kekerasan terhadap perempuan dapat berupa pelanggaran hak-hak berikut:

Hak atas kehidupan Hak atas persamaan Hak atas kemerdekaan dan keamanan pribadi Hak atas perlindungan yang sama di muka umum Hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan fisik maupun mental yang sebaik-baiknya Hak atas pekerjaan yang layak dan kondisi kerja yang baik Hak untuk pendidikan lanjut Hak untuk tidak mengalami penganiayaan atau bentuk kekejaman lain, perlakuan atau penyiksaan secara tidak manusiawi yang sewenang-wenang.

Kekerasan perempuan dapat terjadi dalam bentuk:

Tindak kekerasan fisik Tindak kekerasan non-fisik Tindak kekerasan psikologis atau jiwa

Kekerasan terhadap perempuan yang paling sering kita jumpai adalah :

1. PELECEHAN SEKSUAL

Pelecehan seksual adalah segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi seksual yang dilakukan secara sepihak dan tidak diinginkan oleh orang yang menjadi sasaran. Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti di tempat kerja, di kampus/sekolah, di pesta, tempat rapat, dll. Pelaku pelecehan seksual bisa teman, pacar, suami, atasan di tempat kerja, dokter, dukun, dsb.

Akibat pelecehan seksual, korban merasa malu, marah, terhina, tersinggung, benci kepada pelaku, dendam kepada pelaku, shok/trauma berat, dl2l

2. KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

Pada umumnya, pelaku kekerasan dalam rumah tangga adalah suami, dan korbannya adalah istri dan atau anak-anaknya. Kekerasan dalam rumah tangga bisa terjadi dalam bentuk kekerasan fisik, kekerasan psikologis/emosional, kekerasan seksual, dan kekerasan ekonomi.

Secara fisik, kekerasan dalam rumah tangga mencakup: menampar, memukul, menjambak rambut, menendang, menyundut dengan rokok, melukai dengan senjata, dsb.

Secara psikologis, kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga termasuk penghinaan, komentar-komentar dan sikap-sikap yang merendahkan.

Secara seksual, kekerasan dapat terjadi dalam bentuk pemaksaan dan penuntutan hubungan seksual. Secara ekonomi, kekerasan terjadi berupa tidak memberi nafkah istri, melarang istri bekerja atau membiarkan istri bekerja untuk dieksploitasi.

Korban kekerasan dalam rumah tangga biasanya enggan/tidak melaporkan kejadian karena menganggap hal tersebut biasa terjadi dalam rumah tangga , ketakutan dan cenderung menutup permasalahan dalam lingkup keluarga saja, atau tidak tahu kemana harus melapor/ mencari bantuan.

3. KEKERASAN KARENA SISTEM PERATURAN DAN ADAT

Kekerasan terhadap perempuan bisa juga diakibatkan oleh sistem peraturan pemerintah/ penguasa atau adat istiadat, contohnya sebagai berikut :

Kita semua tahu nasib buruk yang dialami oleh kaum perempuan di Afganistan. Banyak sekali pemasungan hak perempuan disana, dan ini adalah suatu bentuk kekerasan oleh sistem. Misalnya penguasa Taliban melarang perempuan untuk bersekolah, akibatnya perempuan hanya ada di sektor domestik dan hanya diperbolehkan di dalam rumah saja. Ini menyebabkan kaum perempuan semuanya di wilayah itu menjadi "uneducated". Masalah lain yang ditimbulkan ketika para ibu melahirkan hanya boleh ditolong oleh kaum perempuan saja. Ketika terjadi komplikasi yang membahayakan kesehatan para ibu yang melahirkan, dan mereka hanya ditolong oleh "dokter/bidan" yang perempuan yang tidak pernah "sekolah". Ini mengakibatkan tingginya kematian ibu yang melahirkan.

Melahirka2n adalah sebuah "momok" yang menakutkan bagi perempuan Afganistan masa itu karena bisa berarti pergi untuk melahirkan sama dengan pergi ke liang kubur. Sehingga peraturan ini dapat disebut sebagai kejahatan kemanusiaan "crimes against humanity".

Di Indonesia (masyarakat jawa) pernah juga terjadi diskriminasi pendidikan terhadap anak-anak perempuan. Tetapi kemudian muncul sosok Kartini yang menjadi pelopor persamaan hak perempuan di bidang pendidikan.

Diskriminasi yang didasarkan atas gender adalah merupakan bentuk kekerasan.

Tinggalkan Komentar