Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Artikel

Loading

You are herePelayanan Gereja / Gereja Tiatira ( 606 AD ­ 7 Tahun Masa Kesusahan Besar )

Gereja Tiatira ( 606 AD ­ 7 Tahun Masa Kesusahan Besar )


Oleh: Andre Widodo

Wahyu 2:18-29
Gereja Tiatira dikategorikan oleh para ahli/sarjana Alkitab sebagai Gereja dalam Masa Kegelapan atau The Church of The Dark Ages.Masa Gereja Tiatira dimulai dari tahun 606 AD-Masa 7 Tahun Kesusahan Besar.

Kalau kita melihat Peta Alkitab,kota Tiatira juga ada di Asia Kecil.Kota ini didirikan oleh Alexander Agung raja Yunani kira-kira 300 tahun sebelum kelahiran Tuhan Yesus.Kota Tiatira adalah termasuk kota yang maju dan Alkitab mencatat pada saat Paulus di Filipi,ada warga Tiatira yang bernama Lidia bertobat dan terima Kristus Yesus sebagai Tuhan.Dapat dibaca di Kisah 16:14-15.

Mengapa masa Gereja Tiatira ini dikatakan sebagai Gereja dalam Masa Kegelapan?

Sejarah gereja mencatat bahwa setelah masa Gereja Pergamus,penyusupan praktek-praktek/doktrin-doktrin penyembahan berhala semakin bertambah di gereja.Gereja yang seharusnya menjadi terang dunia,seperti yang dikatakan Yesus di Matius 5:13-16,kini menjadi kebalikannya.Gereja mulai kehilangan terangNya dan mulai menjadi gelap sampai nanti terjadi Reformasi pada abad 15.

Menyambung sejarah gereja setelah masa Gereja Pergamus,mari kita memperhatikan fakta-fakta sejarah mengenai perubahan-perubahan doktrin dan ajaran yang terjadi di gereja pada masa Gereja Tiatira akibat dari penyusupan praktek penyembahan berhala:

Tahun 607 AD Bonafice III mengangkat Paus pertama dan menobatkan Paus sebagai wali gereja di muka bumi.
Tahun 709 AD jemaat harus mencium kaki Paus.
Tahun 786 AD pemujaan/penghormatan kepada gambar-gambar.
Tahun 850 AD pemakaian air suci dimulai.
Tahun 995 AD kanonisasi orang-orang kudus yang telah meninggal.
Tahun 998 AD Hari Jumat diharuskan puasa.
Tahun 1079 AD semua pelayan Tuhan harus membujang/tidak boleh menikah.
Tahun 1190 AD penjualan suratmuntuk menghapus dosa.
Tahun 1220 AD pemujaan terhadap hosti/wafer.
Tahun 1229 AD Alkitab dilarang dibaca untuk orang awam.
Tahun 1439 AD doktrin Api Penyucian disahkan.
Tahun 1439 AD doktrin 7 sakramen disahkan.
Tahun 1508 AD lagu Ave Maria menjadi lagu gereja.
Tahun 1534 AD kelompok Jesuit didirikan untuk mempertahankan Katholikisme.
Tahun 1545 AD tradisi gereja dianggap setingkat dengan Firman Tuhan.
Tahun 1546 AD kitab Apocryphal ditambahkan di Alkitab.
Tahun 1854 AD doktrin Bunda Maria adalah orang kudus ditetapkan.
Tahun 1870 AD jabatan Paus dinyatakan untuk seumur hidup.
Tahun 1930 AD sekolah-sekolah umum bertentangan dengan agama Katholik.
Tahun 1965 AD Bunda Maria dinobatkan sebagai Ibu Gereja.

Arti dari kata TIATIRA adalah SACRIFICE dan CONTINUAL.Maksud dari kata ini adalah CONTINUAL SACRIFICE.atau pengorbanan yang terus menerus. Seperti yang kita ketahui,Gereja Roma menyangkal bahwa karya penyelamatan Kristus sudah genap/telah selesai.Tetapi Gereja Roma menganggap bahwa CONTINUAL SACRIFICE adalah kelanjutan dari karya keselamatan Kristus.Itu sebabnya dalam beberapa sakramennya ada beberapa bagian agar umatnya mendoakan orang-orang yang telah mati. INI ADALAH FALSE DOCTRINE!

Kalau kita mau menyelidiki tentang CONTINUAL SACRIFICE ini lebih mendetail,maka kita akan mendapatkan bahwa CONTINUAL SACRIFICE ini diambil dari budaya agama Babylonia,yang adalah induk dari praktek penyembahan berhala di dunia ini. CONTINUAL SACRIFICE ini tidak pernah ditulis dan tidak pernah diajarkan di Alkitab.Tetapi agama Katholik menganjurkan untuk terus melakukan CONTINUAL SACRIFICE dan menolak bahwa karya penyelamatan Kristus sudah selesai.Mereka terus mendoktrinkan bahwa keselamatan adalah melalui perbuatan-perbuatan baik kita,melalui materi kita,melalui surat penebusan dosa dan lain-lain.

Akhirnya adalah sejak tahun 606 AD sampai saat ini,agama Katholik yang berpusat di Roma secara perlahan mulai berubah menjadi agama Babylonia modern. Satu hal yang paling mengejutkan di abad 20 ini adalah ketika Gereja Roma Katholik mulai menaikkan derajat Bunda Maria menjadi seperti Tuhan. Bunda Maria diangkat menjadi IBUNYA TUHAN dan RATU SORGA.Untuk bisa ke sorga Bunda Maria juga berhak menentukannya. Bahkan segala sesuatu sebelum sampai ke Tuhan Yesus harus melalui Bunda Maria.

Padahal Alkitab mengatakan :
Yohanes 14:6
KATA YESUS KEPADANYA : AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP.TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DATANG KEPADA BAPA KALAU TIDAK MELALUI AKU.

Kisah 4:12
DAN KESELAMATAN TIDAK ADA DI DALAM SIAPAPUN JUGA SELAIN DI DALAM DIA,SEBAB DI BAWAH KOLONG LANGIT INI TIDAK ADA NAMA LAIN YANG DIBERIKAN KEPADA MANUSIA YANG OLEHNYA KITA DAPAT DISELAMATKAN.

Salah seorang pengajar Alkitab bernama Tim Lahaye pernah bersaksi.Beberapa tahun yang lalu ia dan istrinya pergi ke Mexico City.Disana mereka ikut tour kota dan diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana cara beribadah Katholik di Kathedral Shrine of Guadeloupe di Mexico City.Tim Lahaye begitu terkejut,ketika ia dan istrinya menyaksikan bagaimana kemiripan ibadah Katholik itu dengan praktek-praktek kuno penyembahan berhala di agama Babylonia kuno.Beberapa hal yang ditemui Tim Lahaye adalah :

Cara penebusan dosa. Banyak dari mereka yang berguling-guling di aspal yang panas dengan menggunakan tangan dan lutut mereka,sehingga banyak yang dari mereka sampai berdarah- darah.Menurut mereka, hal ini adalah usaha mereka untuk menghukum diri mereka sendiri agar diselamatkan dari dosa. Padahal Alkitab mengatakan KITA DISELAMATKAN KARENA ANUGERAH TUHAN MELALUI IMAN KEPADA KRISTUS YESUS. Mari kita baca Efesus 2:8-9.

Ruang ibadah yang gelap. Tempat ibadah yang penuh dengan nuansa
gelap.Sehingga menimbulkan kesan penuh misteri. Penuh dengan patung-
patung pemujaan/penghormatan. Tim menemui banyak patung di dalam
Kathedral tersebut.Dan kita tahu bersama bahwa
penyembahan/pemujaan/penghormatan kepada patung adalah tradisi
penyembahan berhala yang dilarang oleh Tuhan.Mari kita baca lagi di
Keluaran 20:4.

Bunda Maria menjadi sentral figur dalam ibadah. Tim melihat bahwa
figur Bunda Maria menjadi figur utama dalam praktek ibadah. Hal ini
bertentangan dengan Kolose 1:18,yang menyatakan bahwa Kristus Yesuslah
yang sulung,yang utama,yang harus menjadi sentral figur.

Continual Sacrifice. Pengorbanan yang terus menerus.Kalau kita
lihat di gereja-gereja Katholik,kita akan menemukan patung Tuhan Yesus
yang terus menerus tergantung di kayu salib.Ini adalah sebenarnya
lambang dari doktrin Continual Sacrifice yang bertentangan dengan
Firman Tuhan.Dan apa kata Tuhan Yesus tentang hal ini? Wahyu 2: 17-18.
AKU ADALAH YANG AWAL DAN YANG AKHIR,DAN YANG HIDUP.AKU TELAH MATI
NAMUN LIHATLAH AKU HIDUP SAMPAI SELAMA-LAMANYA DAN AKU MEMEGANG SEGALA
KUNCI MAUT DAN HADES. Jadi Yesus tidak terus terpaku di kayu salib,tetapi DIA BANGKIT,DIA HIDUP.

PUJIAN
Wahyu 2:19
Aku tahu segala pekerjaanmu:baik kasihmu maupun imanmu,baik pelayananmu maupun ketekunanmu.Aku tahu,bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak daripada yang pertama.

Melalui ayat ini,Tuhan Yesus mengatakan bahwa Tuhan tahu segala pekerjaan anak-anak Tuhan yang telah begitu setia dalam mengikut Kristus,Tuhan Yesus tahu kasihmu,Tuhan Yesus tahu imanmu,Tuhan Yesus tahu pelayananmu dan ketekunanmu. Beberapa tokoh yang setia kepada Firman Tuhan dalam zaman Gereja Tiatira ini adalah John Wycliffe,John Hus,Savonarola dan banyak lagi tokoh lainnya yang setia kepada Alkitab/Firman Tuhan sehingga mereka menjadi martir dalam mempertahankan iman mereka.

Mareka menjadi martir karena melawan Paus di Roma.Mereka mencoba menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa negara mereka dan akhirnya martir dibakar diatas kayu api. Pada masa ini,kebanyakan para narapidana adalah orang-orang yang berusaha membaca dan menterjemahkan Alkitab ke dalam bahasa negara mereka.Penjara justru dipenuhi oleh anak-anak Tuhan yang bekerja luar biasa buat Tuhan.Ini adalah akibat peraturan yang dikeluarkan dari Roma untuk memberangus orang-orang yang mencoba belajar Alkitab.Karena itu zaman ini disebut sebagai zaman Gereja dalam Masa Kegelapan.

TEGURAN
Wahyu 2:20
Tetapi Aku mencela engkau,karena engkau membiarkan wanita Izebel yang menyebut dirinya nabiah mengajar dan menyesatkan hamba-hambaKu supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.

Wahyu 2:21
Lihatlah,Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat,tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya itu.

Tuhan Yesus mengajak kita kembali ke Perjanjian Lama untuk memahami cerita tentang Izebel.Dapat dibaca di 1 Raja-raja 16:29-! Raja-raja 19:18.Izebel adalah nama seorang wanita yang membawa agama Baal ke dalam bangsa Israel.Membawa penyembahan berhala ke dalam bangsa Israel.Sama halnya pada zaman Tiatira ini ketika banyak praktek/doktrin penyembahan berhala dibawa ke dalam gereja.

Doktrin tentang Izebel ini mencakup 2 hal yaitu:

Menarik anak-anak Tuhan melakukan perzinahan rohani dengan cara
melakukan praktek-praktek penyembahan berhala yang menyakiti hati
Tuhan. Mengajarkan makan makanan persembahan berhala.Melambangkan
gereja Tuhan yang mulai mengikuti tradisi agama-agama kuno penyembah
berhala.Gereja mulai bersifat duniawi,bukan lagi rohani.Dibawah
control Paus,gereja berusaha memperluas daerahnya di dunia ini.Padahal
Tuhan Yesus berkata bahwa KERAJAANKU BUKAN DARI DUNIA INI.Lihat
Yohanes 18:36.

Tuhan Yesus telah memberikan kesempatan untuk bertobat,tetapi GEREJA INI TIDAK MAU BERTOBAT DARI DOSA DAN KESALAHANNYA.
APA AKIBATNYA DARI TIDAK MAU BERTOBAT DARI PENYEMBAHAN BERHALA?
Wahyu 2:22
Lihatlah,Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam KESUSAHAN BESAR,jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu

Wahyu 2:23
DAN ANAK-ANAKNYA AKAN KUMATIKAN DAN SEMUA JEMAAT AKAN MENGETAHUI BAHWA AKULAH YANG MENGUJI BATIN DAN HATI ORANG DAN BAHWA AKU AKAN MEMBALASKAN KEPADA KAMU SETIAP ORANG MENURUT PERBUATANNYA.

Tuhan Yesus mengatakan bahwa gereja-gereja yang menyembah berhala ini/gereja Roma Katholik ini akan Tuhan ijinkan untuk masuk MASA 7 TAHUN KESUSAHAN BESAR seperti yang terdapat di Wahyu 17.
Peringatan dari Tuhan Yesus ini jangan dianggap main-main!!!.

MASA 7 TAHUN KESUSAHAN BESAR ADALAH MASA DIMANA KASIH TUHAN TIDAK ADA LAGI DI MUKA BUMI INI.YANG ADA ADALAH MURKA TUHAN. JANGAN SAMPAI MASUK KE DALAM MASA INI!!! TUHAN AKAN MEMBINASAKAN ANAK-ANAK KALIAN!!!

Binasa atau kematian dalam Alkitab adalah berhubungan dengan kematian yang kedua.Kematian yang kedua adalah kematian karena nama kita tidak ada dalam Kitab Kehidupan,Wahyu 20:15.

Selain itu ingat Keluaran 20:5
KALAU KITA BERDOSA,MAKA AKIBAT DOSA ITU AKAN DITANGGUNG OLEH ANAK-ANAK KITA,KE KETURUNAN KITA YANG KE 3 DAN YANG KE 4.

Alkitab memberikan buktinya :
Abraham.Secara iman Abraham patut dicontoh.Tetapi Abraham berdosa ketika ia berbohong kepada Abimelekh ketika ia mengatakan Sarah adalah adiknyaLihat Kejadian 20:1-18.Lalu dosa Abraham ini turun kepada Ishak.Ishakpun melakukan hal yang sama seperti Abraham.Lihat Kejadian 26:7. Daud.Ia adalah pahlawan Tuhan.Tetapi ketika ia berzinah dengan Batsyeba,apa yang terjadi?Absalom anaknya melakukan hal yang sama,meniduri gundik-gundik ayahnya didepan mata rakyatnya.Anaknya yang lain juga berzinah,lihat cerita Amnon dan Tamar.

Mari kita ingat PESAN Tuhan Yesus di Wahyu 2:23 ini!!!
Dan adalah tugas kita semua sebagai anak-anak Tuhan untuk membagikan hal ini kepada saudara-saudara kita dari Katholik.Karena gereja yang menyembah berhala,lama kelamaan akan berubah menjadi gereja yang duniawi.Menjadi gereja yang sifatnya oikumene dan toleransi.Padahal sebagai gereja,kita anak-anak Tuhan haruslah segala sesuatu diuji berdasarkan Firman Tuhan.

NASIHAT
Wahyu 2:24
Tetapi kepada kamu,yaitu orang-orang lain di Tiatira,yang tidak mengikuti ajaran itu dan yang tidak menyelediki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis,kepada kamu Aku berkata:Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu

Wahyu 2:25
Tetapi apa yang ada padamu,peganglah itu sampai Aku datang. Bagi anak-
anak Tuhan yang menolak untuk ikut dalam penyembahan berhala ini,Tuhan
Yesus berkataPEGANGLAH ITU SAMPAI TUHAN DATANG.

PENGHARGAAN
Wahyu 2:26
Dan barangsiapa menang dan melakukan pekerjaanKu sampai kesudahannya,kepadanya akan Aku karuniakan kuasa atas bangsa-bangsa.

Wahyu 2:27
Dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi,mereka akan diremukkan seperti tembikar tukang periuk,sama seperti yang Kuterima dari BapaKu

Wahyu 2:28
Dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur. Penghargaan Tuhan Yesus jelas. Siapa yang bertahan,Tuhan akan menempatkan mereka sebagai para pemimpin di Kerajaan 1000 tahun di muka bumi ini.Dan Tuhan akan mengaruiakan kepadanya bintang timur.Bintang timur adalah lambang dari Tuhan Yesus sendiri.

Wahyu 22:16b
Aku adalah Tunas,yaitu keturunan Daud,Bintang Timur yang gilang gemilang.Tuhan akan menjadi bagian kita untuk selama-lamanya. TERPUJILAH TUHAN YESUS!!!HALELUYA!!!
1 Yohanes 5:5
Siapakah yang mengalahkan dunia,selain dari pada dia yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Tuhan. Demikian pembahasan Gereja Tiatira,selanjutnya adalah Gereja Sardis dari tahun 1520 AD-Masa Kesusahan Besar.Tipe Gereja Sardis masih ada sampai saat ini dan akan terus ada sampai nanti Masa 7 tahun Kesusahan Besar.

Tinggalkan Komentar