Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Artikel

Loading

You are hereUpah Kesetiaan

Upah Kesetiaan


Kebaktian dewasa: biarlah miskin di sini, asal kaya di surga, biar sakit di sini asal senang di surga

Saudara yang kekasih dalam Tuhan, saya percaya memang kita akan dapat upah di surga. Tapi, untuk mendapatkan mahkota tersebut kita harus kerja keras dan sungguh-sungguh, setia dalam menghadapi pergumulan. Karena itu:

  • Ibu-ibu harus sabar hadapi suami yang pemarah, galak, tidak setia.

  • Bapak-bapak jangan terlibat dosa perzinahan, jangan selingkuh, dll.

  • Anak-anak muda pacaran yang normal, jangan melanggar hubungan seks sebelum menikah.

Bacaan Alkitab: 1 Kor 3:10-15

Apakah saudara emas, perak, batu, permata, kayu, rumput kering, atau jerami; tetap saja apa yang kita kerjakan suatu hari kelak akan diuji dengan api. Jika kita tahan uji, kita akan mendapat upah keluar dari api.

Yakobus 1:12 "Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia."

Ada empat upah kesetiaan yang saya catat:

  1. Kuasa Doa. Yakobus 5:16; yakin, setia, sungguh-sungguh akan melihat doa-doa kita terjawab: doa saja tidak cukup, kita juga harus setia. Luk 18:1; saya terlalu percaya kuasa doa, doa adalah segala-galanya. Kesetiaan adalah doa.

  2. Contoh: Seorang anak yang lesbian, homosex, kawin dengan tidak seiman, atau terjerat obat, didoakan oleh ibunya. Saya percaya itu baik. Tetapi setiap kali si ibu bertemu anaknya, ibunya mengomel, "Mama malu. Mama nih aktif di gereja, kamu malah modelnya begitu. Mama sakit hati, lama-lama mama bisa mati," Jika saudara berdoa tapi saudara membuat hambatan untuk mujizat terjadi untuk doa saudara sendiri, saya yakin anak saudara tidak akan bertobat.

    Katakan: "Sayang, mama berdoa pada Tuhan, dan mama percaya kamu pasti akan melihat mujizat-Nya. Kamu pasti diubahkan Tuhan. Bila kamu berada dalam keadaan yang paling sukar, datang pada Yesus. Dia akan menerimamu apa adanya dan akan mengerjakan mujizat bagi kamu," Sementara mungkin anak Anda tidak mau mendengarkan, "Ah, mama khotbah terus!” Doa dan kesetiaan adalah menjadi kekuatan/kuasa yang luar biasa. Doa tanpa kesetiaan adalah formalitas atau kepalsuan, kemunafikan belaka.

    Kesetiaan tanpa doa akan menjadi kelemahan; setia tapi tidak doa percuma, lama-lama saudara malas berdoa. Kekuatan datang dari doa. Bagi Tuhan tiada yang mustahil.

  3. Yes 61:8-9 Upah Kita dengan Tepat:

  4. Kita kerja sedikit, upah kita sedikit. Kerja lumayan, upahnya pun lumayan. Bekerja banyak, upahnya juga banyak. Itu namanya adil dan tepat.

    Tidak kerja banyak, berjuang banyak, jangan harap sesuatu yang besar dari Tuhan. Menghadapi masa-masa yang sukar saudara tetap setia, sesuatu yang besar menanti Anda.

    Yusuf difitnah. Sakit hati. Masuk penjara. Dia membayar mahal untuk itu. Tuhan lalu mengangkatnya menjadi perdana menteri;

    Daud dikejar-kejar Saul, mau dibunuh tapi tidak membalas: "Aku tidak akan menjamah orang yang diurapi Tuhan." Tuhan angkat dia jadi raja.

    Tuhan akan memberi kita upah dengan tepat; Tuhan adalah yang terbaik yang menangani adminitrasi hidup kita; Tuhan tahu persis perjuangan kita. Kapan kita dikecewakan, kapan kita difitnah, atau disakiti. Tuhan tahu persis engkau tidak membalas kejahatan dengan kejahatan; Tuhan perhitungkan semuanya. Saya mau ingatkan untuk hidup setia dan benar.

    Kalau kita setia, anak cucu kita diberkati dan keluarga kita diberkati. Tetapi kalo kita buka celah untuk dosa, anak cucu kita juga akan menghadapi kutuk.

    Mazmur 25:13 "Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi."

    Mazmur 37:25 "Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti;"

    Mazmur 112:2 "Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati."

    Sebagai hamba Tuhan saya mau ingatkan: bapak–ibu; jangan berzinah, jangan selingkuh. Jika tidak, maka jangan heran anak-anak saudara akan berhubungan seks di luar nikah, hamil, atau menghamili orang.

    Kalau saudara buka pintu untuk perzinahan, perselingkuhan, percaya fengshui, penyembah berhala, kuasa kegelapan, maka anak saudara menghadapi kutuk itu. Karena keadilan Tuhan dilihat dari sudut berkatnya.

    Maz 103:17 "Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu."

    Kalau saudara masih punya akal sehat, pasti berpikir untuk bertobat. Saudara pasti tidak rela anak-anak Anda hancur. Mari kita setia melakukan kebenaran.

  5. Dan 6:4: Daniel melebihi para pejabat/orang lain. Kenapa? Karena Daniel tidak menajiskan dirinya dengan makanan raja dan minuman yang memabukan dan 1:8. Daniel setia.

  6. Mungkin orang mengejek: iman sih iman, tapi jangan ekstremlah, jangan fanatiklah. Orang gereja tidak boleh merokok, tidak boleh ke pub, tidak boleh karaoke, tidak boleh ke diskotik, tidak mabuk, tidak boleh nonton porno, dan masih banyak lagi.

    Ada seorang yang saya layani. Ia bertanya bahwa Alkitab tidak mencatat tidak boleh merokok, tidak boleh ke diskotik, dll. 1 Kor 10:23 mengatakan ""Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

    Saudaraku, orang tidak akan menyangkal kita berbeda. Kita memiliki sesuatu yang kita miliki yang dunia tidak miliki.

  7. Maz 1:1-3: tidak mendengar nasehat orang fasik mengandung kesetian kepada nasehat orang benar/firman Tuhan. Merenungkan taurat siang dan malam; saudara perhatikan mengandung kesetiaan.

  8. * Orang yang setia, termasuk orang yang melakukan 3 M (merenungkan firman, melakukan firman, membagikan firman).

    * Orang yang setia tetap akan melewati badai; tetapi ia adalah orang yang dikasihi Tuhan. Maz 34:11 "Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatu pun yang baik."

KESIMPULAN: Tuhan akan memberi upah tepat seperti apa yang kita lakukan.

Tinggalkan Komentar