Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Artikel

Loading

You are herePelayanan Gereja / Gereja Laodikia ( 1900 AD ­ 7 Tahun Masa Kesusahan Besar )

Gereja Laodikia ( 1900 AD ­ 7 Tahun Masa Kesusahan Besar )


Oleh: Andre Widodo

Wahyu 3:14-22
Gereja Laodikia dikategorikan oleh para ahli dan sarjana Alkitab sebagai Gereja suam-suam kuku atau The Lukewarm Church.Ada juga yang mengkategorikan gereja ini sebagai Gereja Murtad.Mungkin terlalu keras kata-kata ini,tetapi kita akan menemui beberapa alasannya nanti dalam pembahasan Gereja Laodikia. Masa gereja Laodikia dimulai dari tahun 1900 AD sampai dengan 7 Tahun Masa Kesusahan Besar.

Di Peta Alkitab kota Laodikia terletak di Asia Kecil.Kota ini hanya berjarak 40 miles dari kota Efesus. Kota Laodikia juga termasuk kota yang kaya pada saat Pemerintahan Romawi.Sekarang kota ini berada di wilayah Negara Turki,dan kalau kita melihat reruntuhan kota Laodikia sekarang,kita dapat menjumpai bekas reruntuhan 3 gereja yang cukup besar dari peninggalan Romawi. Dari bekas peninggalan gereja di Laodikia itu kita dapat melihat bahwa gereja-gereja saat itu adalah gereja-gereja yang kaya. Tetapi disamping kekayaannya,tidak ada satupun kita baca di Alkitab yang menceritakan pelayanan-pelayanan dari kota Laodikia. Tetapi justru kota di tetangganya yaitu Efesus yang banyak tercatat di Alkitab tentang pelayanan-pelayanannya. Kalau kita memperhatikan masa kronologis 6 gereja yang sudah dibahas sebelumnya,maka kita akan tahu bahwa sampai saat ini hanya ada 4 tipe gereja berdasarkan Kitab Wahyu.Gereja-gereja itu adalah Tiatira,Sardis,Filadelfia dan Laodikia. Ke 4 gereja ini masih ada sampai sekarang.

Mengenai masa Gereja Laodikia, masa ini dimulai dari tahun 1900 AD dan intensitasnya semakin bertambah menjelang Hari Kedatangan Tuhan. Karakter gereja Laodikia ini adalah gereja yang suam-suam kuku,lebih berkonsentrasi pada gerakan oikumene untuk menciptakan gereja-gereja oikumene.

PUJIAN
Tidak ada satu ayat pun yang memuji Laodikia.Tuhan Yesus tidak memuji tipikal gereja ini.

TEGURAN
Wahyu 3:15
Aku tahu segala pekerjaanmu,engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas.

Wahyu 3:16
Jadi karena engkau suam-suam kuku,dan tidak dingin atau panas,Aku akan MEMUNTAHKAN engkau dari mulutKu. Dari ayat 15,kita tahu bahwa Tuhan sangat memperhatikan kondisi gereja-gereja di akhir zaman ini. Kata-kata TIDAK DINGIN DAN TIDAK PANAS ini menunjukkan kepada perbuatan-perbuatan gereja-gereja ini yang hanya mementingkan keorganisasian,program-program sosial,pembentukan komite,kegiatan kemanusiaan lainya tapi sebenarnya di mata Tuhan mereka tidak mempunyai power.

Roh Kudus mengingatkan Paulus di 2 Timotius 3:5
SECARA LAHIRIAH MEREKA MENJALANKAN IBADAH MEREKA,TETAPI PADA HAKEKATNYA MEREKA MEMUNGKIRI KEKUATANNYA.JAUHILAH MEREKA ITU!
Firman Tuhan cukup tegas, JAUHILAH MEREKA ITU!.

Gereja-gereja Laodekia ini lebih tertarik kepada aksi-aksi sosial mereka dari pada terlibat dalam pewartaan Injil.Mereka lebih tertarik pada PLANNING dari pada PRAYING,mereka lebih tertarik kepada reformasi dari pada transformasi. Satu hal mengenai reformasi yang sekarang sedang menjadi tema di beberapa gereja di Indonesia,saya ingin mengatakan REFORMASI BAGI BANGSA KITA/BAGI GEREJA KIA TIDAK AKAN TERWUJUD KALAU GEREJA TIDAK MENGUTAMAKAN FIRMAN TUHAN DIATAS SEGALA-GALANYA. REFORMASI TIDAK AKAN TERWUJUD KALAU FIRMAN TUHAN TIDAK DIBERITAKAN. REFORMASI TIDAK AKAN TERWUJUD JIKA KITA MASIH TOLERANSI TERHADAP DOSA. Mau menegor yang salah menurut Firman Tuhan masih takut,karena takut menyinggung perasaannya. Dengan kata lain lebih mementingkan HATI MANUSIA daripada HATI TUHAN.

Bagaimana transformasi bisa terwujud?

Yang bisa men-transform hanyalah Roh Kudus. Dan Roh Kudus hanya akan bekerja men-transform jika kita punya karakter lebih TAKUT AKAN TUHAN daripada TAKUT AKAN MANUSIA. Yohanes 14:21: Barang siapa memegang perintahKu dan melakukannya,dialah yang mengasihi Aku. 2 Timotius 4:2 BERITAKANLAH FIRMAN,SIAP SEDIALAH BAIK ATAU TIDAK BAIK WAKTUNYA, NYATAKANLAH APA YANG SALAH,TEGORLAH DAN
NASIHATILAH DENGAN SEGALA KESABARAN DAN PENGAJARAN.

Karena itu mari kita semua kembali ke Alkitab.Tegorlah saudara-saudara kita yang masih hidup bertentangan dengan Firman Tuhan.Dan berdoalah minta Roh Kudus men-transfer hidup kita agar menjadi garam dan terang bagi sesama kita. Ayat 16,dikatakan bahwa Tuhan akan MEMUNTAHKAN mereka. Mari kita lihat Matius 7:21-23. Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu Tuhan,Tuhan!akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga,melainkan dia yag melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaKu: Tuhan,Tuhan bukankah kami bernubuat demi namaMu dan mengusir setan demi namaMu dan mengadakan mujizat demi namaMu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: AKU TIDAK PERNAH MENGENAL KAMU!ENYAHLAH DARIPADAKU KAMU SEKALIAN PEMBUAT KEJAHATAN. Di usir oleh Tuhan,itulah artinya dimuntahkan oleh Tuhan.

Wahyu 3:17
Karena engkau berkata: aku kaya dan aku telah memperkaya diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa,dan karena engkau tidak tahu,bahwa engkau melarat dan malang, miskin, buta dan telanjang.

Gereja-gereja Laodikia saat ini digambarkan dalam ayat 17 sebagai gereja-gereja yang kaya. Mereka mempunyai bangunan yang indah,dan mahal,mempunyai banyak organisasi yang disponsori oleh gereja-gereja tersebut dan juga banyak keanggotaannya di program-program sosial lainnya. Mereka berkata,kita gereja yang kaya,gereja yang besar tetapi mereka tidak sadar bahwa sesungguhnya mereka miskin secara rohani. Kuasa Firman Tuhan tidak ada dalam mereka.

Manusia boleh mengatur banyak macam organisasi,mereka boleh membangun gedung-gedung gereja yang indah,mereka boleh berkhotbah,mereka boleh mengajar, TETAPI hanya ROH KUDUS yang membuat manusia berbalik bertobat kepada Tuhan. HANYA ROH KUDUS YANG DAPAT MENTRANSFORM HIDUP SESEORANG.

Apa kata Yesus tentang Roh Kudus? Apa ciri-ciri Roh Kudus?
Yohanes 16:14 : IA akan memuliakan Aku,sebab IA akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu. Inilah ciri-ciri Roh Kudus. Roh Kudus akan memuliakan Yesus saja. Jika ada suatu roh yang ternyata memuliakan seseorang manusia selain dari Tuhan Yesus sendiri,maka itu bukan Roh Kudus. Apakah roh nya memuliakan Yesus? Ini caranya kita menguji setiap roh. Gereja-gereja Laodikia ini,mereka tidak tinggal di dalam pengajaran Alkitab,tetapi justru mereka banyak berkecimpung dalam aktivitas-aktivitas sosial. Mereka banyak terjun ke dalam aktivitas legalisasi homoseksual dan lesbian.

Mereka mengatakan homoseksual dan lesbian juga adalah anugerah. Mereka juga memperjuangkan bahwa aborsi adalah hak setiap wanita. Banyak macam aktivitas yang mereka ikuti. Dan yang terakhir adalah berita dari seorang Uskup wanita dari Amerika yang melegalkan homoseksual dan lesbian. Kita tidak perlu menyebutkan dari jenis gereja apa,tetapi yang penting kita tahu,bahwa Tuhan menentang gereja-gereja seperti ini. Firman Tuhan adalah Terang. Karena itu Tuhan berkata di Lukas 12:2
TIDAK ADA SESUATUPUN YANG TERTUTUP YANG TIDAK AKAN DIBUKA DAN TIDAK ADA SESUATUPUN YANG TERSEMBUNYI YANG TIDAK AKAN DIKETAHUI.

NASIHAT
Wahyu 3:18
Maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari padaKu emas yang telah dimurnikan dari dalam api, agar engkau menjadi kaya,dan juga pakaian putih,supaya engkau memakainya,agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan, dan lagi minyak untuk melumas matamu,supaya engkau dapat melihat.

Di mata Tuhan, gereja Laodikia ini miskin,tetapi mengapa Tuhan menasihatkannya untuk membeli emas dari Tuhan Yesus? Kalau kita membaca Yesaya 55:1, kita akan mengerti bahwa Tuhan mengundang seluruh umat manusia untuk menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, mengundang manusia untuk menerima KESELAMATAN secara GRATIS. KESELAMATAN adalah ANUGERAH dan KASIH KARUNIA. Bukan karena usaha manusia. Karena itu yang termiskin dari antara yang miskin pun dapat diselamatkan asalkan dia BERTOBAT,MEMANGGIL NAMA YESUS dan PERCAYA dalam NAMA YESUS.

Pakaian putih dalam ayat 18 ini, menggambarkan pakaian pengantin wanita dalam setiap pernikahan. Pengantin wanita yang siap menyambut Pengantin Pria maka ia akan mengenakan pakaian putih yang melambangkan kekudusan. Yesaya 61:10 menjelaskan tentang hal ini. Kita adalah mempelai wanita dan Kristus adalah mempelai pria. Dalam menyonsong kedatanganNya,kita harus siap dengan kekudusan kita. Minyak dalam ayat 18 yang dipakai untuk melumaskan mata ini, adalah lambang Roh Kudus.
Sering kali dalam banyak ayat di Alkitab, Roh Kudus dilambangkan dengan minyak. Roh Kudus akan membukakan mata kita sehingga kita dapat melihat bagaimana tipu muslihat Iblis. Roh Kudus yang akan menerangi hidup kita ini,sehingga kita TIDAK lagi hidup di dalam kegelapan.

Wahyu 3:19
Barangsiapa Kukasihi,ia Kutegor dan Kuhajar,sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! Kasih Tuhan adalah TOUGH LOVE, bukan SOFT LOVE. Hal ini yang perlu dipahami oleh anak-anak Tuhan. TOUGH LOVE adalah kalau kita salah, kita ditegor,kita dihajar, kita dihantam.Tapi itu artinya Tuhan masih mengasihi kita. Hosea 6:1 menjelaskan karakter TOUGH LOVE nya Tuhan Yesus.

Wahyu 3:20
Lihat, Aku berdiri dimuka pintu dan mengetok,jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku akan makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. Pintu dalam ayat ini menggambarkan pintu hati.Karena dari hati terpancarlah kehidupan.Amsal 4:23.

Tuhan Yesus dengan sabar mengetok hati kita,Ia tidak memaksa kita,tetapi jika kita membuka hati untuk Dia,Dia akan hidup dalam kita dan kira di dalam Dia. Kalau Yesus sudah ada dalam kita dan kita di dalam Yesus, maka jaminan kita adalah hidup yang kekal.Yohanes 5:24. Salah satu cara Tuhan mengetuk pintu hati manusia adalah melalui anak-anakNya. Anak-anakNya dalam hal ini bukanlah pembicara-pembicara terkenal seperti DL Moody,Billy Graham,Adrian Rogers,Charles Stanley dan lain-lainya. Anak-anakNya dalam hal ini adalah kita semua orang-orang biasa yang TAKUT AKAN TUHAN.

Selain itu Tuhan juga mengetuk hati kita melalui Roh Kudus. Roh Kudus diutus untuk menginsafkan manusia akan dosa. Untuk mengingatkan manusia akan KEBENARAN dan akan PENGHAKIMAN. Juga,Tuhan mengetuk hati kita melalui pengalaman-pengalaman hidup kita. Seperti sakit, kekecewaan dan lain sebagainya. Itu adalah ketukan Tuhan di hati kita. Apakah kita peka mendengar ketukanNya?

PENGHARGAAN
Wahyu 3:21
Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta Ku sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa Ku di atas takhtaNya. Penghargaan ini adalah penghargaan untuk duduk dan memerintah bersama Kristus Yesus di dalam KerajaanNya yang akan datang.

Wahyu 3:22
Siapa bertelinga hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat. Ayat 22 ini menunjukkan bahwa hendaklah kita bertelinga,supaya kita dapat mendengarkan apa kata Roh Kudus dalam hati kita. Di tengah kesibukan kita di dunia serba modern ini,tetaplah asah telinga kita untuk mendengar Firman Tuhan. Karena semakin lama, dunia ini semakin jahat.

Kita jangan berharap melihat revival-revival besar di masa Laodikia ini karena semakin lama gereja-gereja tipe Laodikia ini akan semakin banyak.Gereja akan semakin disibukkan oleh perkara-perkara duniawi.
Mereka akan semakin disibukkan dengan Gerakan Oikumene,Gerakan Penyatuan Gereja. Sampai nanti Tuhan Yesus datang untuk yang ke dua kalinya ada 4 macam tipe gereja saat ini,yaitu TIATIRA, SARDIS, FILADELFIA dan LAODIKIA.

Tetapi ingatlah akan gereja-gereja Filadelfia.Gereja-gereja inilah yang Tuhan kasihi. Gereja-gereja Filadelfia juga masih tetap ada di zaman gereja Laodekia ini. Bahkan Roh Kudus makin mencurahkan KasihNya bagi gereja-gereja Filadelfia. Karakternya adalah EVANGELISM,MISSIONS dan BIBLE TEACHING. Karena itu,sebagai penutup dari pembahasan 7 macam sejarah gereja berdasarkan Kitab Wahyu ini, saya ingin mengingatkan saudara BERSIAP-SIAP LAH dan BERJAGA-JAGALAH menjelang Hari KedatanganNya,karena kita semua tidak tahu kapan IA akan datang. TETAPLAH di dalam Firman Tuhan,dan BERSEKUTULAH senantiasa bersama ROH KUDUS. SIAP SEDIALAH dengan PAKAIAN PUTIH kita,dengan KEKUDUSAN.

Tinggalkan Komentar