hidup

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Langkah Aneh

Oleh: Hendry Kornelius

Saya teringat ketika dahulu saya masih menjadi atlet catur. Saya diingatkan dengan langkah-langkah aneh yang sudah selayaknya di punyai oleh semua pemain catur yang profesional. Maksud saya mereka yang minimal mau serius dalam bermain catur, wajib bisa melakukan langkah aneh yang tidak dimiliki orang.
Baca selengkapnya ... about Langkah Aneh

Kehidupan Adalah Suatu Penugasan Sementara

Oleh: SMT Gultom

Kehidupan di bumi adalah suatu penugasan sementara. Alkitab penuh dengan metafora yang mengajarkan tentang sifat kehidupan di muka bumi, yaitu bersifat singkat, sementara, dan fana. Kehidupan digambarkan seperti kabut, pelari cepat, nafas, dan segumpal asap. Alkitab berkata,:"Sebab kita anak-anak kemarin ..... hari-hari kita seperti bayang-bayang di bumi" (Ayub 8:9).Untuk memanfaatkan kehidupan kita secara maksimal, anda jangan pernah melupakan 2(dua) kebenaran: Pertama, dibandingkan dengan kekekalan, kehidupan amatlah singkat. Kedua, bumi hanyalah tempat kediaman sementara. Anda tidak akan lama berada disini, jadi jangan terlalu terikat pada bumi. Mintalah agar Tuhan membantu kita melihat kehidupan di bumi sebagaimana Dia melihatnya. Daud berdoa, "TUHAN, tolong aku untuk menyadari betapa singkatnya hidupku di dunia ini. Tolong aku untuk mengetahui bahwa waktu di sini hampir habis"!"(Mazmur 39:4). Baca selengkapnya ... about Kehidupan Adalah Suatu Penugasan Sementara

Masalah.. Siapa Takut..?

Oleh: Pdt.Yahya Mulyono

Banyak orang yang takut menghadapi masalah. Bahkan kita sering mendengar doa orang Kristen yang meminta kepada Tuhan agar dihindarkan dari masalah kehidupan. Padahal di balik masalah itu ada berkat terselubung yang disediakan Tuhan bagi kita. Di balik masalah yang kita hadapi pasti ada hikmatnya, yang akan membuat kita kagum akan karya Tuhan yang ajaib itu.

Kita akan merenungkan kisah yang terjadi dalam kitab Lukas 1:5-25, di mana kita menemukan beberapa pelajaran rohani di dalamnya:

1. Hidup benar tapi ada masalah.

Zakharia dan Elisabet adalah pasangan suami istri yang hidup benar dan saleh (ayat 6), tapi mereka tidak mempunyai anak sebab Elisabet mandul (ayat 7). Baca selengkapnya ... about Masalah.. Siapa Takut..?

Hidupku Jadi Berarti

Oleh: Ev. Sudiana

KALAU KU HIDUP -- KU HIDUP BAGIMU 'YESUS KU'

AKU INGIN TERUS "HIDUP" BAHKAN SETELAH AKU MATI dan JIKA TUHAN MEMBIARKAN AKU "HIDUP", AKU AKAN MEMBUAT SUARAKU DIDENGAR ORANG. (Isi buku harian Anne Frank yg hidup pd zaman Nazi-perang yg kejam).

The Diary of a Young Girl, terbit di Belanda, 1947 dan di Amerika, 1952. Di Negeri Paman Sam, buku ini menjadi buku yang wajib dibaca para siswa di sekolah, dan digemari para tokoh besar seperti John F. Kennedy, Hillary Clinton, dan Nelson Mandela. Mereka mengaku mendapat kekuatan serta termotivasi. Baca selengkapnya ... about Hidupku Jadi Berarti

Bangkit dari Kegagalan Hidup

Oleh: Pdt. Samuel T. Gunawan, M.Th

TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. (Mazmur 37:23-24)

Pendahuluan

Pernahkah saudara gagal atau membuat kesalahan? Kenyatan bahwa Saudara pernah gagal adalah bukti bahwa Saudara belum selesai. Kegagalan dan kesalahan dapat menjadi jembatan bukan penghalang bagi kehidupan yang lebih baik. Kisah berikut ini baik untuk kita perhatikan! Baca selengkapnya ... about Bangkit dari Kegagalan Hidup

Hidup Baru dalam Kristus (Regenerasi)

Oleh: Pdt. Samuel T. Gunawan, M.Th

Khotbah Minggu Pagi di GBAP El Shaddai Palangka Raya 04 November 2012

2 Korintus 15:17 “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”

Pendahuluan

Dasar dari ajaran perlunya hidup baru (regeneration) adalah anggapan tentang natur keberdosaan manusia. Manusia telah mati secara rohani sehingga memerlukan kelahiran kembali atau hidup baru secara rohani. Akibat dari dosa pertama Adam dan Hawa, citra Allah dalam diri manusia telah tercoreng dan mengakibatkan dosa masuk dan menjalar kepada setiap manusia (Roma 3:10-12, 23; 5:12). Adam dan Hawa telah membuat dosa menjadi aktual pada saat pertama kalinya di Taman Eden, sejak saat itu natur dosa telah diwariskan kepada semua manusia (Roma 5:12; 1 Korintus 15:22). Baca selengkapnya ... about Hidup Baru dalam Kristus (Regenerasi)

Mengalami Transformasi Hidup

Oleh: Samuel T. Gunawan

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna“ (Roma 12:2)

PROLOG

Beberapa tahun terakhir ini kata “transformasi” menjadi trend dan sedang “naik daun”, dibicarakan di kalangan orang Kristen. Di Indonesia transformasi merupakan suatu hal yang sangat diharapkan terjadi. Saat ini, kita mengharapkan suatu perubahan (transformasi) ke arah yang lebih baik terjadi atas keluarga, lingkungan, kota dan bangsa kita. Gereja adalah alat atau agen transformasinya Allah, dan Allah sendirilah “Sang Transformator” itu. Kita dapat mengharapkan bahwa gereja akan menjadi suatu eksponen masyarakat yang berpengaruh bagi kota dan bangsanya. Gereja benar-benar akan menjadi garam dunia, terang dunia, dan sebuah kota di atas bukit (Matius 5:13,14). Baca selengkapnya ... about Mengalami Transformasi Hidup

Hendaklah Kamu Penuh dengan Roh

Oleh: Ev.sudiana

Bacaan: Efesus 5: 15- 21

Teks yang kita baca pagi ini memberi satu instruksi/perintah kepada kita: “Hendaklah kamu penuh dengan Roh” (Efesus 5:18). Apabila kita meneliti nats tersebut, maka ayat ini terdapat 2 macam interpretasi.

1. Kita dipenuhi oleh Roh Kudus, sehingga kehidupan kita menyatakan suatu kemenangan akan kuasa keselamatan Allah, yang Ia berikan kepada kita dalam Tuhan Yesus Kristus.

Baca selengkapnya ... about Hendaklah Kamu Penuh dengan Roh

Kompas Hidup (Ibrani 12:2)

Oleh: Suardin Gaurifa

"Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan..."

Pernahkah saudara bertanya, mengapa kapal yang berlayar di kegelapan pun bisa sampai ke tujuannya dengan tepat? Mengapa pesawat yang apabila sudah mengudara hingga melampaui awan-awan dan daratan tak kelihatan setitik pun dapat sampai ke kota yang dituju dengan tepat? Itu bukan karena ada kacamata yang tembus pAndang hingga kiloan meter, atau ada malaikat pengawal perjalananya. Tetapi hanya oleh karena satu alat yang tidak terlalu besar yang namanya kompas dan radar bagi pesawat. Tanpa kompas dalam sebuah kapal sama dengan kegelapan yang paling gelap, sebab akan terombang-ambing oleh gelombang tanpa arah yang jelas dan tanpa radar bagi sebuah pesawat sama dengan kesesatan.

Baca selengkapnya ... about Kompas Hidup (Ibrani 12:2)

Pages