Menikmati Proses

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Oleh: Jeanette

Yakobus 1:2-3 "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan." Ayat ini yang menjadi pedoman dan kekuatan saya ketika saya sudah mulai jenuh dan merasa tidak mampu melewati proses yang Tuhan berikan.


Terkadang hidup yang kita jalani ingin semua serba instant. Apapun ingin dilakukan dengan cara yang instant. Seperti halnya Ketika kita sakit kita berdoa dan ingin minta kesembuhan saat itu juga, ketika kita butuh sesuatu kita berdoa dan ingin mendapatkannya dalam sekejap mata, ketika kita memiliki masalah kita berdoa supaya masalahnya cepat selesai tanpa kita berusaha untuk melakukan sesuatu, ketika kita menghadapi ujian sekolah kita berdoa supaya mendapatkan nilai yang bagus tapi kita tidak belajar, dan ketika kita ingin sukses kita berdoa untuk bisa mendapatkan uang tanpa bekerja dengan giat. Apakah itu yang selama ini kita jalani? Tuhan mengingatkan setiap kita bahwa ada proses yang harus kita hadapi untuk bisa melewati itu semua. Apa yang terjadi jika Tuhan mengabulkan semua doa kita tanpa proses dari-NYA? Kita akan menjadi pribadi yang gampangan, pribadi yang ingin enaknya saja tanpa memikirkan apa apa, tidak menghargai apa yang sudah Tuhan berikan.

Seringkali kita menganggap Tuhan itu jahat, mengapa ujian dan masalah tidak ada habis-habisnya untuk saya? Mengapa hal ini harus terjadi kepada saya? Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup, Dia tak pernah tidur dan selalu mendatangkan rancangan yang indah buat setiap kita anak-anakNYA. Proses itu selalu dianggap hal yang tidak enak, hal yang menyiksa daging kita tetapi pada akhirnya proses itu dirancang Tuhan sedemikiran rupa untuk kita melihat kebaikan dan keagunganNYA sungguh ajaib. Proses membawa kita untuk belajar bagaimana menyangkal diri dan memikul salib. Semakin kita terus menikmati proses-proses dari Tuhan, semakin kita mengerti apa maunya Tuhan untuk hidup kita. Apa tujuan Tuhan untuk hidup kita? Ketika kita menikmati proses itu, Tuhan akan membawa kita naik menjadi kepala dan bukan menjadi ekor.
Tujuan Tuhan simple supaya kita memiliki karakter yang ingin terus dibentuk dan level kedewasaan rohani kita semakin naik. Tuhan ingin kita menikmati proses demi proses karena proses menjadikan kita hari demi hari semakin serupa dan segambar dengan Allah dalam hal karakter, sikap dan perbuatan. Tapi terkadang kita tidak mengerti apa maksud Tuhan bawa kita ke dalam pencobaan yang rasanya kita seperti tidak mampu menjalaninya. Tuhan lebih mengetahui kedalaman hati kita dibanding kita sendiri. Tuhan tahu apa yang terbaik untuk setiap anak-anaknya, Dia tak akan memberikan ujian di luar kemampuan kita. Maka dari itu nikmati setiap proses yang ada. Bersyukur karena Tuhan masih mengijinkan kita untuk menikmati setiap proses sehingga semakin hari karakter kita makin luar biasa. Nikmati proses itu sampai Tuhan berkata kamu sudah berhasil melewatinya dan nantinya kita sudah siap menerima perkara-perkara yang ajaib dan besar yang sudah Tuhan siapkan untuk setiap kita. KEEP FIRE IN GOD!! GOD is very GOOD and GOD loves you ALWAYS. GODBLESS ALL?