Indahnya Berdoa

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Oleh: Ev. Margareth Linandi

Setiap kita pasti sudah tahu makna doa itu. Doa adalah bagian paling penting dari hidup orang Kristen yaitu nafas. Seperti halnya kalau kita tahan nafas 1 menit saja, kita mungkin akan sesak nafas. Dengan kata lain doa itu penting dan indah.

Seorang ayah sedang sibuk dalam pekerjaannya sebagai insinyur. Dia sibuk mendesain gambar bangunan untuk proyeknya. Sang ayah terlalu sibuk sampai lupa bahwa anaknya Andi butuh diperhatikan dan disayang.

Satu hari Andi mau bermain dengan ayahnya; ayahnya mengatakan sibuk. Sebagai gantinya ayahnya menawarkan makanan kesukaan Andi misalnya coklat, es krim, atau kentucky, atau lolipop asal Andi jangan mengganggunya. Andi mengatakan, "Saya tidak menginginkan itu Ayah, saya hanya ingin Ayah meluangkan waktu ayah 1 jam saja untuk kita main-main. Ayah sudah 5 hari bekerja untuk hidup kita, sekarang aku minta waktu ayah 1 jam saja." Ayahnya tersentak, menangis dan memeluk anaknya, dan bermain dengan anaknya.

Seperti halnya anak itu menginginkan waktu bersama dengan ayahnya untuk bersama, Tuhan juga ingin kita menyisakan waktu kita satu jam saja dengan Tuhan.

Kalau kita mau hitung-hitungan ada berapa jam dalam sehari? 24 jam. Berapa jam kita gunakan untuk bekerja? Anggaplah 10 jam, lalu waktu untuk mandi, makan, nonton sekitar 4 jam, ada waktu untuk shopping 1 jam, dll. Tuhan hanya mau 1 jam saja waktu kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan; ngobrol, curhat, kalau perlu menangis dengan Tuhan. Masakan kita terlalu egois mengatakan ”Maaf, saya sibuk”, sedangkan Allah tidak pernah mengatakan, ”Maaf Saya untuk hari ini sibuk, Saya gak bisa menjagamu, Saya gak mau mendengarkan doamu.” Celakalah kita jika Tuhan seperti itu. Untung Tuhan bukan seperti itu, Tuhan mau kita menyisakan waktu kita 1 jam untuk berdoa.

Teman-teman apa sih indahnya berdoa? Mungkin pertama kali kita tidak merasakan apa-apa tapi jika kita berdoa dengan sungguh-sungguh dan sukacita, kita mendalami bersama Tuhan, kita tak terasa bisa menghabiskan waktu 2 jam-3 jam untuk berdoa, karna kita bisa mencurahkan isi hati kita pada Tuhan.

Dalam Mazmur 62:9; mencurahkan hati di hadapan Tuhan adalah kesenangan bagi kita, dan nikmatilah berkat-berkat Tuhan yang mengalir lewat doa kita.