Menjadi Bangsa yang Merdeka dalam Tuhan

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Oleh: Billy Fredrik Sobalely

1 Petrus 2:16 "Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah."


Indonesia adalah bangsa yang besar dan sedang dalam masa pertumbuhan. Pertumbahan ekonomi dan teknologi yang begitu pesat membuat bangsa cepat berkembang. Dalam perjalanannya bangsa Indonesia pun banyak mengalami masalah dan hambatan. Masa lalu bangsa ini pun tidak bisa terlepas dari masa penjajahan, dimana bangsa Indonesia sempat di jajah oleh Negara-negara eropa dan jepang. Tetapi melalui kerja keras, semangat persatuan serta kekuatan dari Tuhan bangsa Indonesia bisa lepas dari penjajahan.

Dalam masa penjajahan di bangsa indonesia bukan sekedar hasil alam yang dicuri tetapi rakyat Indonesia mengalami begitu banyak penindasan yang melanggar hak asasi manusia. Tetapi dengan semangat persatuan bangsa ini bisa bangkit dari penjajahan dan bisa merdeka. Mungkin bukan hanya bangsa Indonesia yang mengalami penjajahan, tetapi banyak bangsa yang pernah dan bahkan masih mengalami penjajahan itu. Tetapi bangsa yang bisa merdeka itu berawal dari diri rakyat yang mau merdeka di dalam Tuhan. Sehingga bangsa itu pun bisa merdeka bersama dengan Tuhan.

Masa kegelapan yang pernah menjadi bagian dari bangsa ini telah Tuhan ubah menjadi terang. Para pejuang atau pahlawan ini meyakinkan dalam diri mereka bahwa mereka akan melihat terang kebebasan yang Tuhan berikan dengan semangat juang mereka berusaha untuk menciptakan terang kemerdekaan dalam bangsa ini. Dalam memperjuangkan terang itu mereka pun yakin ada harapan kemerdekaan yang Tuhan sediakan.

Kita mau merenungkan bagaimana perjalanan panjang bangsa ini untuk bisa menemukan suatu kemerdekaan. Dan bagaimana kita mau memaknai kemerdekaan yang Tuhan berikan baca nats alkitab berikut (Galatia 5:1a: "Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh..." ). Ketika Tuhan Yesus telah memberikan bangsa ini kemerdekaan Tuhan Yesus ingin bahwa kita harus tetap berdiri teguh dengan iman percaya yang kita miliki.

Di masa kini bangsa ini sudah bisa lepas dari penjajahan dan lepas dari bangsa asing. Tetapi masalah yang di hadapi bangsa ini adalah bangsa ini belum merdeka seutuhnya. Kenapa bangsa ini masi belum bisa merdeka seutuhnya? Karena penindasan yang masih ada yang dilakukan beberapa oknum. Penindasan kepada rakyat miskin, penindasan hak asasi manusia, keadilan yang belum ditegakan, dan lain-lain. Untuk meredeka seutuhnya adalah merdeka dari diri sendiri. Merdeka dengan iman percaya kepada Yesus. Dengan menanamkan kasih dalam setiap kehidupan bangsa dan rakyatnya.

Mari kita memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia dengan semangat juang bersama Tuhan. Mari kita memerdekakan diri kita bersama Tuhan dengan kasih sebagai dasarnya sehingga bangsa ini bisa maju bersama dengan Tuhan. Karena kemajuan suatu bangsa berawal dari rakayatnya dan Tuhan yang menjadi dasarnya. Tuhan Yesus Memberkati. Merdeka!!!!!!